Selasa 27 Dec 2022 09:05 WIB

Fakta dan Misteri Jupiter, Planet yang Berukuran 317 Kali Lebih Besar Dibanding Bumi

Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Jupiter

Air di Jupiter

Air adalah kunci untuk memahami bagaimana Jupiter terbentuk. "Es air yang menumpang di komet awal atau asteroid awal-awal membawa unsur yang lebih berat ke Jupiter selain hidrogen dan helium asli yang beredar di tata surya," menurut Institut Penelitian Southwest seperti dikutip dari laman Space.com, Senin (26/12/2022).

Temuan mengejutkan baru-baru ini adalah betapa tahannya air setelah sebuah komet menabrak Jupiter. Sebuah komet terkenal bernama Shoemaker-Levy 9 hancur berkeping-keping sebelum menghujani planet ini pada Juli 1994. Sekitar 20 tahun kemudian, Herschel Space Observatory mendeteksi limpahan air di stratosfer Jupiter yang berasal dari Shoemaker-Levy 9. Kesimpulan ini didapatkan lantaran sebagian besar uap air berada di sekitar lokasi tumbukan.

Setidaknya satu studi Juno menemukan jumlah air yang mengejutkan di Jupiter dibandingkan dengan yang disarankan model. Air dapat menyusun sekitar 0,25 persen molekul atmosfer di atas ekuator Jupiter, jauh lebih tinggi daripada pengukuran sebelumnya dari Galileo. Mencari tahu mengapa kedua pesawat ruang angkasa memiliki perkiraan yang berbeda adalah kunci untuk menentukan bagaimana pembentukan planet yang lebih baik.

Baca juga : 5 Prioritas Utama OPZ Tahun 2023

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement