Selasa 13 Dec 2022 20:24 WIB

Deretan Usaha Rintisan yang Lakukan PHK Sepanjang 2022

Total terdapat 143 ribu pegawai yang jadi korban PHK tersebut.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Bisnis Rintisan atau Startup
Foto:

Kemudian, pada September, PHK dilakukan oleh 93 perusahaan dengan dampak 5.800 pegawai. Pada bulan ini, Shopee mulai melakukan PHK di Indonesia dan diikuti oleh beberapa perusahaan global lainya seperti Uber, Capiter, Patreon, Pesto, Volta dan Spin.

Pada Oktober, layoff dilakukan oleh 98 perusahaan dengan dampak 12 ribu pegawai. Di bulan tersebut, PHK juga dilakukan oleh perusahaan Indonesia bernama Xendit. Sisanya, PHK dilakukan oleh Spotify, Sketch, Microsoft dan Loom.

Pada November, total perusahaan yang melakukan PHK adalah sekitar 200 perusahaan. Total pegawai yang terdampak sekitar 51 ribu orang. Pada bulan ini, beberapa perusahaan Indonesai juga melakukan layoff seperti KoinWorks, GoTo Group, Ruangguru, SIRCLO, Ajaib dan Ula. Sedangkan beberapa perusahaan global yang melakukan pemangkasan diantaranya adalah Zomato, Roku, Amazon, Viber, Avast, Oracle dan Meta.

Kemudian, hingga Desember, gelombang PHK masih terjadi dan melibatkan 6 perusahaan seperti ShareChat, Carousell, Bizzabo, BloomTech, Podium dan Yapily. Total, telah terdapat sekitar 390 pegawai yang terdampak layoff pada bulan Desember 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement