Senin 12 Dec 2022 12:51 WIB

Perusahaan Jerman Ubah Karbondioksida Jadi Bahan Pembuatan Produk

Dunia harus melenyapkan satu milyar ton CO2 sampai tahun 2025.

Dua orang pekerja melakukan perawatan Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (Sutet) di Desa Doko, Kediri, Jawa Timur, Selasa (26/10/2021). PT PLN (Persero) optimis mampu menurunkan emisi sebesar 117 juta ton karbondioksida hingga tahun 2025 melalui bantuan anak usaha PT Energy Manajemen Indonesia dengan melakukan dekarbonasi.
Foto:

 

Apa itu penyembuhan CO2?

Dalam proses ini, CO2 diinjeksikan ke sebuah ruangan, di mana CO2 berreaksi dengan limbah baja dan mengubahnya menjadi kalsium karbonat. Jadi sebenarnya berapa CO2 yang dilepas?

“Kami mencegah pelepasan dua kilogram emisi CO2 dengan tidak menggunakan semen, dan kami bisa mengubur sekitar satu kilogram ke dalam blok beton itu.” Demikian dijelaskan Chris Stern. Jadi total pengurangan dan penghilangan sekitar 3 kg dari setiap blok seberat 18 kg. 

Chris Stern mengungkap, jutaan ton CO2 bisa dikurangi lewat teknologi ini. Itu sudah jelas. Sekarang, sekitar 230 juta ton CO2 digunakan secara global setiap tahunnya. Tapi sejauh ini, kita hanya punya kapasistas untuk mengurangi 40 juta ton per tahun, dan 70 persen dari itu di Amerika bagian utara.  

Insinyur kimia Görge Deerberg mengatakan, jika kita bisa menggantikan sebagiannya dengan karbon dioksida yang didaurulang dari udara, maka kita bisa mengurangi jejak karbon dari fosil sebanyak 50 persen. Tapi pasaran "Carbon Capture and Utilization" atau CCU masih ibaratnya anak bayi. Jadi kita masih harus menginvestasikan dana besar bagi teknologi dan infrastrukturnya.  

Untuk itu dibutuhkan uang sangat banyak. Tapi semua orang setuju, potensinya ada. Perusahaan konsultasi McKinsey & Company memperkirakan, pasar produk-produk berbasis CO2 di tahun 2030 saja akan mencapai nilai antara 800 milyar and 1 trilyun Dolar. Dan itu akan terjadi jika perusahaan bisa memperkirakan model-model bisnis di masa depan. 

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement