Senin 12 Dec 2022 10:23 WIB

Doodle Peringati Kelahiran Donald Pandiangan, Robinhood-nya Indonesia

Pandiangan jatuh cinta dengan olahraga panahan di akhir usianya ke 25. 

Google Doodle hari ini, Senin (12/12/2022) merayakan ulang tahun ke-77 Donald Pandiangan.
Foto: google
Google Doodle hari ini, Senin (12/12/2022) merayakan ulang tahun ke-77 Donald Pandiangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Doodle hari ini, Senin (12/12/2022) merayakan ulang tahun ke-77 Donald Pandiangan. Dia adalah pemanah legendaris Indonesia yang melatih tim panahan yang memenangkan medali Olimpiade pertamanya pada tahun 1988. 

Menurut catatan di laman Google, Pandiangan memenangkan lebih dari 20 medali emas memanah di Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games). Prestasi ini membuatnya dijuluki Robin Hood of Indonesia.

Baca Juga

Pandiangan lahir pada hari ini di Sidikalang, Sumatera Utara pada tahun 1945. Ia bercita-cita menjadi seorang insinyur. Sayangnya, kendala keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliah. Pandiangan akhirnya bekerja di sebuah perusahaan transportasi. Di sinilah jalan hidup Pandiangan berubah. Dia menerima hadiah yang akan mengubah jalan hidupnya.

Pandiangan jatuh cinta dengan olahraga panahan di akhir usianya ke 25. Dia terus berlatih tanpa lelah. 

Tiga tahun kemudian, ia memenangkan medali emas pertamanya di Pekan Olahraga Nasional VIII (Pekan Olahraga Nasional Indonesia) 1973 di Surabaya. Empat tahun kemudian, ia memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70m pada PON IX 1977 di Jakarta.

Pandiangan meraih emas berkali-kali antara tahun 1977 dan 1987 di SEA Games. Pada tahun 1980, Pandiangan berada di puncak karirnya. Dia hampir berkompetisi di Olimpiade Musim Panas di Moskow, tetapi tidak dapat hadir karena Indonesia memboikot acara tersebut.

Beberapa tahun kemudian, Pandiangan mulai melatih tim panahan wanita untuk Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul. Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani meraih medali perak untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement