Jumat 02 Dec 2022 01:20 WIB

10 Langkah Pemangkasan Biaya Energi lewat Teknologi

Teknologi berfokus untuk menghadirkan energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Hemat listrik (ilustrasi).
Foto:

Laporan yang disusun oleh forum global yang terdiri dari kurang lebih 200 organisasi ini juga merekomendasikan untuk memasang variable speed drive untuk meningkatkan efisiensi energi pada sistem penggerak motor hingga 30 persen. Jika lebih dari 300 juta sistem kelistrikan industri berbasis motor yang saat ini beroperasi dapat diganti dengan penggerak motor yang lebih optimal dan memiliki efesiensi tinggi, hal ini akan mengurangi konsumsi listrik global hingga 10 persen.

Perpaduan beragam langkah itu pun diyakini bisa menekan konsumesi energi dan menekan emisi secara signifikan. Hal ini jadi hal yang sangat urgen mengingat International Energy Agency (IEA) telah menyimpulkan bahwa sektor industri merupakan konsumen listrik, gas alam, dan batu bara terbesar di dunia yang bertanggungjawab terhadap 42 persen total permintaan listrik global.

IEA mencatat, Industri besi, baja, kimia, dan petrokimia merupakan pengguna energi tertinggi di antara lima negara konsumen energi terbesar di dunia yaitu China, Amerika Serikat, India, Rusia, dan Jepang. Konsumsi energi tersebut pun menyebabkan peningkatan beban biaya di tengah kontraksi inflasi dunia saat ini.

Tidak hanya itu, hal ini juga mengakibatkan produksi sembilan gigaton CO2 atau setara dengan 45 persen total emisi langsung yang dihasilkan sektor pengguna akhir pada tahun 2021.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement