Ahad 27 Nov 2022 12:02 WIB

Lima Virus Corona Baru pada Kelelawar Berpotensi Menjangkiti Manusia

Ada satu virus mirip penyebab Covid-19 yang dapat menyebar ke manusia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kelelawar buah yang terinfeksi menjadi salah satu penyebab penyebaran virus Nipah. Peneliti menemukan virus baru pada yang bisa menjangkiti manusia.
Foto:

Profesor Tom Solomon dari The Pandemic Institute di Liverpool, Inggris, mengatakan bahwa penelitian yang ada menunjukkan kelelawar dapat terinfeksi beberapa virus secara bersamaan. Lalu, apa dampaknya?

"Ini meningkatkan kemungkinan bahwa dua virus yang berbeda dapat bergabung kembali atau bercampur untuk membentuk virus baru, yang bahkan bisa lebih mematikan," ujarnya.

photo
Virus baru Khosta-2 dapat menular dari hewan ke manusia. - (Republika)

Prof Solomon menyebutkan beberapa virus manusia yang paling mematikan muncul dari kelelawar. Selain Covid-19, ada virus Nipah yang menyebabkan ensefalitis (infeksi otak mematikan) serta beberapa virus rabies. Studi baru menunjukkan ada berbagai macam virus lain yang dibawa oleh kelelawar dan patut diwaspadai.

Penelitian terpisah yang diterbitkan tahun ini mengungkapkan bahwa virus mirip Covid-19 lainnya telah ditemukan pada kelelawar. Asal muasal dari virus yang dikenal dengan nama Khosta-2 itu belum jelas dan saat ini sedang diselidiki oleh tim dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dikutip dari laman The Sun, Sabtu (26/11/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement