Rabu 16 Nov 2022 14:25 WIB

Astronaut NASA Kembali Lakukan Spacewalk

Spacewalk pada Selasa (15/11) adalah yang pertama sejak 8 bulan lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Dua astronaut AS melakukan spacewalk.
Foto: nasa
Dua astronaut AS melakukan spacewalk.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Astronaut Amerika Frank Rubio dan Josh Cassada berhasil melakukan spacewalk. Dia berhasil melakukan aktivitas luar kendaraan (EVA) yang berlangsung selama 7 jam 11 menit pada Selasa (15/11/2022).

Perjalanan ruang angkasa debut Rubio dan Cassada terjadi lebih dari enam pekan setelah pasangan itu tiba di pos orbit. Dia ke ISS dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon sebagai bagian dari misi Crew 5 SpaceX.

Baca Juga

Dilansir dari Digital Trends, Rabu (16/11/2022), EVA hari Selasa (15/11/2022) adalah spacewalk ke-254 yang mendukung perakitan, peningkatan, dan pekerjaan pemeliharaan stasiun luar angkasa. 

NASA menghentikan program spacewalk delapan bulan lalu setelah insiden EVA di mana uap air mulai muncul di dalam helm astronaut Jerman Matthias Maurer. Maurer tidak terluka. Namun, NASA memutuskan untuk menangguhkan perjalanan ruang angkasa ISS saat melakukan penyelidikan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Para pejabat menemukan bahwa pakaian antariksa yang digunakan berfungsi seperti biasa. Tidak ada maslah dengan kostum tersebut. Insinyur yakin bahwa kelembaban pengaturan pendinginan pada pakaian antariksa Maurer mungkin menjadi penyebabnya.

Insinyur meninjau proses persiapan untuk EVA masa depan dan memodifikasi desain untuk memastikan bahwa kelembaban berlebih yang muncul selama berjalan di luar angkasa diserap secara efektif.Dua spacewalk yang dipimpin NASA berikutnya dijadwalkan pada Selasa, 29 November, dan Sabtu, 3 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement