Kamis 10 Nov 2022 12:16 WIB

Pencairan Es Greenland Bisa Bikin Permukaan Laut Naik Lebih Cepat

Lapisan es terbesar Greenland mencair pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Puncak Greenland (ilustrasi)
Foto: republika
Puncak Greenland (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GREENLAND -- Lapisan es terbesar Greenland mencair pada tingkat yang jauh lebih tinggi dari yang diharapkan. Sebuah studi baru  menunjukkan pencairan itu akan menambah enam kali lebih banyak air ke permukaan laut yang naik dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya.

Ilmuwan khawatir karena trennya mungkin tidak terbatas pada Greenland. Dilansir dari Space, Kamis (10/11/2022), studi ini menggunakan pengukuran GPS dan pemodelan komputer untuk memperkirakan berapa banyak es yang hilang karena perubahan iklim dari Northeast Greenland Ice Stream (NEGIS).

Baca Juga

NEGIS adalah aliran es menonjol yang mengalirkan es dan air lelehan dari cekungan es pedalaman Greenland. Perhitungan mengungkapkan bahwa sejak 2012 pencairan NEGIS telah meningkat pesat.

Diperkirakan pada akhir abad ini, akan menambah lebih dari 1,3 cm air ke permukaan laut global. Jumlah itu setara dengan kontribusi Greenland selama 50 tahun terakhir terhadap kenaikan permukaan laut.

Percepatan pencairan es NEGIS dimulai setelah gletser Zacharie Isstrm yang melindungi bagian pantai dari aliran es pecah pada 2012. Pencairan ini memungkinkan air laut yang lebih hangat untuk menembus lebih dalam ke pedalaman.

Data baru mengungkapkan bahwa gelombang penipisan es yang cepat yang dipicu oleh insiden ini menyebar jauh lebih dalam ke hulu daripada yang diperkirakan sebelumnya. Para ilmuwan mampu mengukur penipisan sejauh 186 mil (300 kilometer) dari pantai timur laut Greenland di mana NEGIS bertemu dengan lautan.

“Banyak gletser telah menipis di ambang batas dalam beberapa dekade terakhir. Data GPS membantu kami mendeteksi seberapa jauh perubahan ini terjadi di dekat pantai menyebar,” kata rekan penulis studi Mathieu Morlighem, seorang profesor Ilmu Bumi di Dartmouth College di New Hampshire, kata dalam sebuah pernyataan.

“Jika ini benar, kontribusi dinamika es terhadap hilangnya massa secara keseluruhan di Greenland akan lebih besar daripada yang disarankan model saat ini.”

Morlinghem menambahkan bahwa tren serupa mungkin sedang berlangsung di bagian lain dari lapisan es Greenland. Sebab, keseluruhan sistem mungkin jauh lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi di wilayah pesisir daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Studi ini menemukan bahwa pencairan yang semakin cepat berlanjut bahkan sepanjang musim dingin 2021 dan musim panas 2022 menunjukkan bahwa prosesnya akan cukup sulit untuk dihentikan.

“Kita dapat melihat bahwa seluruh cekungan menipis dan kecepatan permukaan semakin cepat,” kata Shfaqat Abbas Khan, seorang peneliti di University of Denmark dan penulis pertama studi baru.

Dia mengatakan setiap tahun, gletser yang dipelajarinya telah mundur lebih jauh ke pedalaman. "Kami memperkirakan bahwa ini akan berlanjut selama beberapa dekade dan abad mendatang. Di bawah pemaksaan iklim saat ini, sulit untuk membayangkan bagaimana kemunduran ini dapat berhenti,” ucap dia.

Jika dikonfirmasi, temuan ini akan memiliki konsekuensi untuk prediksi kenaikan permukaan laut saat ini. Prediksi sebelumnya memperkirakan kenaikan permukaan laut global sebesar delapan hingga 22 hingga 98 cm pada akhir abad ini.

Penulis menyimpulkan kenaikan permukaan laut yang sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih signifikan. Hal ini akan menimbulkan konsekuensi bencana bagi penduduk di daerah dataran rendah dan daerah pesisir di seluruh dunia.

Studi ini dirilis saat negara-negara sedang bernegosiasi pada United Nations Framework Convention on Climate Change (COP27) di kota pesisir Mesir Sharm el-Sheikh. KTT, yang didasarkan pada hasil pertemuan perubahan iklim COP26 tahun lalu di Glasgow, Skotlandia, berupaya mengidentifikasi solusi untuk berbagai keadaan darurat terkait iklim, termasuk krisis energi dan meningkatnya keparahan peristiwa cuaca ekstrem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement