Selasa 08 Nov 2022 20:34 WIB

Tak Suka Twitter Versi Elon Musk? Ini Alternatif Medsos yang Bisa Jadi Pilihan

Beberapa tokoh publik mulai meninggalkan Twitter.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter
Foto:

Clubhouse

Clubhouse merupakan aplikasi audio-sentris dan hanya tersedia di smartphone dan tablet. Dirilis di sekitar puncak COVID-19, konsep Clubhouse mirip dengan fitur Twitter Spaces.

Fitur besar Clubhouse adalah Room di mana seseorang dapat memulai ruang virtual untuk mendiskusikan topik tertentu. Room juga menawarkan tingkat privasi yang berbeda: "Terbuka" berarti siapa pun di Clubhouse dapat bergabung, "Ruang Sosial" eksklusif untuk moderator, dan "Tertutup" hanya untuk undangan. Pengguna aplikasi perlu diundang oleh seorang moderator agar bisa bergabung dalam forum tersebut. 

Discord

Discord awalnya populer di kalangan gamer, memberi mereka tempat untuk mendiskusikan game dengan teman-teman mereka dan mengobrol satu sama lain saat bermain. Fungsi dasar yang membuatnya berguna bagi komunitas game masih ada. Sejumlah fitur yang dimiliki adalah obrolan teks, obrolan suara, dan pesan pribadi.

Pembicaraan dilakukan di berbagai server yang dimoderasi secara independen dan semuanya memiliki aturannya sendiri. Banyak server memerlukan undangan untuk bergabung, tetapi Anda dapat menemukan tautan undangan dan mencari berdasarkan kata kunci di situs web. Discord dapat diakses melalui browser, aplikasi desktop, atau aplikasi telepon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement