Sabtu 05 Nov 2022 17:05 WIB

Bisnis Miliaran Dolar dari Kejahatan Lingkungan

Kejahatan lingkungan adalah bisnis kriminal paling menguntungkan ketiga di dunia.

Pembalakan liar - ilustrasi

Apakah kayu adalah sumber "emas baru"?

Keuntungan dari pembalakan liar juga meningkat. Kayu masif dari hutan tropis berkualitas unggul (diolah dan dikeringkan dengan baik), yang digunakan untuk membangun kapal pesiar semakin langka. Sementara permintaannya tinggi.

Manajer proyek untuk penanganan kejahatan hutan di World Wildlife Fund (WWF) Jerman, Katharina Lang, mengatakan konsumen tidak akan pernah bisa memastikan apakah kayu dalam produk yang mereka beli diperoleh secara legal atau tidak.

Menurut sebuah studi tahun 2021 oleh Asosiasi Insinyur Jerman (VDI), pembalakan liar bisa mencapai 30 persen dari kegiatan di sektor kehutanan global. Angka ini bisa meningkat hingga hampir 90 persen di negara-negara penghasil kayu tropis.

Peraturan kayu Jerman meminta sertifikatifasi dari negara asal, tetapi penipuan pelabelan sering terjadi. Hal ini seperti yang telah ditunjukkan oleh WWF berkali-kali.

Misalnya, kayu mungkin diberi label sebagai kayu masif dari Vietnam, tetapi sebenarnya itu mungkin kayu limbah bermutu rendah. WWF Jerman menggunakan sidik jari genetik dan isotop untuk memverifikasi asal-usul kayu.

Sasa Braun dari Interpol Jerman mengatakan bahwa kerja sama dengan LSM seperti WWF sangat berharga, tetapi kegiatan organisasi-organisasi ini tidak selalu diapresiasi, terutama di negara-negara di mana berlangsung korupsi di semua lapisan.

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement