Kamis 27 Oct 2022 08:49 WIB

Apple Tampilkan Lebih Banyak Iklan di App Store

Apple Search Ads memudahkan mempromosikan aplikasi di App Store.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Logo Apple. Apple Tampilkan Lebih Banyak Iklan di App Store
Foto: EPA/Shawn Thew
Logo Apple. Apple Tampilkan Lebih Banyak Iklan di App Store

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple sekarang menampilkan lebih banyak iklan di App Store. Meskipun langkah ini sendiri dapat membuat beberapa evangelists gelisah tentang perubahan ini, jenis iklan yang ditampilkan tidak hanya mengganggu pelanggan tetapi juga pengembang, yang melihat aplikasi perjudian ditampilkan tepat di sebelah aplikasi mereka.

 

Baca Juga

Dilansir dari BGR, Rabu (26/10/2022), menurut bagian News and Updates Apple di situs web pengembang, Apple Search Ads memudahkan mempromosikan aplikasi di App Store. "Dan sekarang, dengan Today tab dan penempatan iklan halaman produk yang baru, Anda dapat mendorong penemuan aplikasi Anda lebih banyak di App Store- saat pelanggan pertama kali tiba, mencari sesuatu yang spesifik, dan menjelajahi aplikasi untuk mengunduh,” demikian tertera di situs.

 

Langkah ini dilakukan beberapa bulan setelah Bloomberg melaporkan bahwa Apple sedang menguji penambahan hasil posting bersponsor di aplikasi Maps, di samping lebih banyak iklan di App Store hingga hampir tiga kali lipat pendapatan iklan saat ini per tahun. Sekarang telah menjadi kenyataan, Apple menghadapi reaksi dari komunitas pengembang.

 

Seperti yang dicatat oleh MacRumors, dengan bagian baru “You Might Also Like” di bagian bawah daftar aplikasi individual, beberapa pengembang mengeluh tentang iklan perjudian yang ditampilkan di sebelah aplikasi mereka. Sementara, secara teknis, Apple harus membatasi beberapa iklan ke beberapa kategori, seperti aplikasi pendidikan anak-anak, perusahaan bahkan menampilkan iklan perjudian untuk mereka, seperti yang dicatat oleh pengembang Rob McAlavey.

 

Pengembang lain, Marco Arment, menulis di halaman Twitter: Sekarang halaman produk aplikasi saya menampilkan iklan perjudian, yang sebenarnya tidak saya setujui. Apple juga seharusnya tidak setuju. App Store telah merusak perusahaan yang begitu hebat. Mereka menghasilkan begitu banyak dari perjudian dan IAP manipulatif sehingga mereka bahkan tidak melihat masalahnya lagi.

 

Pakar hukum Florian Mueller menulis betapa buruknya hal ini bagi pelanggan dan, tentu saja, bagi pengembang yang membuat aplikasi yang tidak boleh terkait dengan aplikasi perjudian:

 

Apple baru saja mengirim email kepada semua pengembang bahwa ‘Kampanye tab dan halaman produk dimulai 25 Oktober.’ Ini adalah cara lain untuk meningkatkan tarif pajak aplikasi yang efektif, memaksa pengembang untuk membeli iklan di halaman aplikasi mereka sendiri untuk pelanggan lainnya pergi dari sana.

 

Meskipun Apple belum membahas masalah ini secara terbuka, BGR akan menunggu pernyataan dari perusahaan untuk memperbarui kisah App Store ini setelah mendengar lebih banyak tentangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement