Jumat 21 Oct 2022 16:05 WIB

Oksigen Mungkin Bukan Tanda Kehidupan Ideal di Planet Lain

Para peneliti telah menemukan sumber oksigen abiotik yang berasal dari sulfur dioksid

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Foto planet Mars yang diambil rover China Zhurong. Oksigen Mungkin Bukan Tanda Kehidupan Ideal di Planet Lain
Foto:

Sebaliknya, radiasi energi tinggi dari sebuah bintang dapat mengionisasi molekul sulfur dioksida. Rumus belerang dioksida adalah SO2, dan ketika terionisasi, molekul itu mengatur ulang dirinya sendiri.

Ini menjadi sistem bermuatan positif ganda. Kemudian memiliki bentuk linier dengan kedua atom oksigen berdekatan satu sama lain dan belerang di ujung lainnya. Ini disebut roaming, karena atom oksigen bebas melayang di orbit yang kacau sampai mengendap menjadi senyawa baru.

“Setelah ionisasi ganda, dua elektron terikat dalam molekul dikeluarkan dan dapat menyebabkan perubahan sudut antara atom dalam molekul,” kata penulis utama Wallner dalam siaran pers. “Atau, sangat penting dalam kasus ini, roaming dapat terjadi, yaitu atom bertukar tempat, dan molekul mengambil bentuk yang sama sekali baru.”

Tapi konstituen molekul mungkin tidak berubah menjadi SO2 lagi. Sebaliknya, belerang dapat pecah, dan molekul oksigen bermuatan positif sederhana dapat tetap ada.

Kemudian muatan positif dapat dinetralkan dengan menarik elektron dari molekul lain. Oksigen molekuler (O2) tetap ada, dan sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Jalur menuju oksigen ini mungkin menjelaskan beberapa oksigen yang kita temukan di tempat lain. Io, Ganymede, dan Europa semuanya memiliki oksigen di atmosfernya, dan jelajah bisa menjadi penyebabnya.

Io adalah tempat vulkanik – dunia paling vulkanik di Tata Surya – sehingga kehidupan dikesampingkan di sana. Ganymede dan Europa memiliki lautan di bawah permukaan, sehingga berpotensi menampung kehidupan. Tapi kehidupan itu tidak bisa membangun atmosfer oksigen seperti kehidupan di Bumi. Penjelasan lain diperlukan untuk menjelaskan oksigen yang ditemukan di bulan-bulan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement