Selasa 11 Oct 2022 10:10 WIB

iPhone XR, Smartphone Keluaran Apple yang Masih Pantas untuk Dimiliki

iPhone XR memang menjadi salah satu produk Apple paling laris.

Apple iPhone XR
Foto: cnet.com
Apple iPhone XR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diperkenalkan pada 12 September 2018, iPhone XR tersedia untuk dibeli bersama model iPhone Apple yang lebih mahal hingga tahun 2021. Ini telah digantikan oleh model iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13, dan iPhone XR tidak lagi dijual.

iPhone XR memang menjadi salah satu produk Apple paling laris. Selain teknologi terbaru dengan harga terjangkau, model ini juga memiliki banyak fitur terbaik. Jika Anda sedang mencari iPhone XR, baca ulasan lengkap mengenai spesifikasi iPhone XR berikut ini:

Teknologi baru dan layar

Ketahanan air IP67 dan konstruksi kaca membuat gadget ini tahan terhadap tetesan dan tumpahan yang tidak disengaja. Pengisian nirkabel berbasis Qi juga diaktifkan. IPhone XR, yang memulai debutnya dengan iPhone XS dan XS Max, memiliki ukuran layar yang lebih besar dari iPhone 8 Plus tetapi ditempatkan di perangkat yang lebih kecil.

Dengan iPhone XR, Apple memperkenalkan layar “Liquid Retina” baru, yaitu LCD berukuran 6,1 inci dan mengemas resolusi 1792 x 828 piksel. Layar hampir tanpa batas di semua sisi. IPhone XR, seperti XS, menghilangkan tombol Home yang mendukung sistem navigasi berbasis gesek Apple yang pertama kali terlihat di iPhone X.

Dengan sensitivitas sentuh 120Hz, Tap to Wake, dan dukungan warna yang lebar, Apple mengklaim layar Liquid Retina adalah LCD tercanggih yang pernah ada di smartphone. Mendukung True Tone, yang menyesuaikan white balance layar berdasarkan pencahayaan ruangan, dan membanggakan akurasi warna yang sangat baik, perangkat ini sangat dipuji oleh Apple.

Apple telah memasukkan fitur baru yang disebut Haptic Touch untuk memberikan reaksi haptic terhadap gerakan tertentu pada smartphone sebagai pengganti 3D Touch, yang tidak didukung oleh LCD. IPhone XR membuang Touch ID demi sistem kamera TrueDepth yang digunakan di iPhone XS, memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel mereka, membayar dengan Apple Pay, dan banyak lagi hanya menggunakan wajah mereka.

Chip A12 Bionic

Chip A12 Bionic di dalam iPhone XR berukuran 7 nanometer dan memiliki dua core performa yang 15 persen lebih cepat dari A11 dan empat core efisiensi yang hingga 50 persen lebih efisien. A12 hingga 50 persen lebih cepat dari A11 berkat GPU empat intinya.

Semua aplikasi dan fungsionalitas augmented reality dan pembelajaran mesin mendapat manfaat besar dari kemampuan Neural Engine 8-inti untuk memproses hingga 5 triliun operasi per detik.

Alih-alih sistem kamera lensa ganda yang ditemukan di iPhone XS dan iPhone 11, iPhone XR menggunakan kamera lensa tunggal di bagian belakang. Namun, berkat peningkatan perangkat lunak, kamera iPhone XR hampir sama mampunya dengan kamera lensa ganda yang terlihat pada model iPhone XS yang lebih mahal.

Teknologi kamera terbaru

Seperti iPhone XS, ia memiliki lensa sudut lebar dengan 12 megapiksel dan sensor yang lebih besar (32 persen lebih besar) untuk mengambil foto yang lebih jelas dalam cahaya redup. Kamera ini memiliki piksel fokus dua kali lebih banyak dari pendahulunya dan juga dilengkapi stabilisasi gambar optik dan True Tone Flash yang ditingkatkan.

Untuk iPhone XR, Apple menerapkan Mode Potret dalam perangkat lunak, fitur yang sebelumnya hanya tersedia dengan kamera lensa ganda. Mode Potret memungkinkan pengguna untuk mengambil foto tajam beresolusi tinggi yang layak untuk DSLR, dengan latar belakang buram artistik yang menarik perhatian ke subjek bidikan. Kedalaman bidang pasca-pengambilan yang ditingkatkan sekarang dimungkinkan berkat Kontrol Kedalaman dan bokeh yang ditingkatkan berkat bokeh tingkat lanjut.

Bahkan dalam skenario cahaya redup, dukungan warna lebar dan HDR pintar dapat menghadirkan lebih banyak detail dalam sorotan dan bayangan, menciptakan foto yang hidup dan menarik.

Apple mengklaim Anda akan menangkap "selfie terhebat yang pernah Anda ambil” dengan kamera TrueDepth 7 megapiksel di bagian depan, yang menyediakan akses ke semua fitur yang sama yang ditemukan pada iPhone XS yang lebih mahal.

Daya tahan baterai

IPhone XR memiliki masa pakai baterai terpanjang dari semua iPhone Apple pada saat debutnya; Namun, dengan kemajuan besar dalam masa pakai baterai untuk jajaran iPhone Apple 2019, itu tidak lagi terjadi.

Namun, iPhone XR memiliki daya tahan baterai satu setengah jam lebih lama dari iPhone 8 Plus, yaitu 25 jam untuk waktu percakapan atau 15 jam untuk menjelajah web. IPhone XR juga mendukung kartu SIM kembar (satu nano-SIM dan satu eSIM), Apple Pay, LTE Advanced dengan 2x2 MIMO, 25+ pita LTE, dan Bluetooth 5.0.

Jika Anda ingin membeli produk Apple iPhone XR ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga terbaik. Anda juga bisa menggunakan layanan SPaylater dari Shopee, yakni layanan pinjaman online langsung cair. Caranya cukup mudah dengan persyaratan identitas dan surat penghasilan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement