Kamis 13 Oct 2022 05:10 WIB

Suara Menakutkan Terdengar di AS, Tanda Musim Kawin Rusa

Rusa roosevelt jantan membuat suara untuk menarik perhatian betina.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Rusa Roosevelt (Olympic elk)
Foto: National Park Service
Rusa Roosevelt (Olympic elk)

REPUBLIKA.CO.ID, EATONVILLE -- Setiap tahun, saat hari-hari musim panas berkurang dan warna-warna musim gugur mulai muncul di Amerika Serikat (AS), Pacific Northwest, suara dari dunia lain memenuhi udara. Di kaki Gunung Rainier di  Northwest Trek Wildlife Park, sekitar satu jam dari Seattle, suara rintihan rusa yang menakutkan terdengar, tanda musim kawin telah dimulai.

Rusa Roosevelt telah memasuki musim kebiasaan tahunan, saat rusa jantan berlomba-lomba untuk mencari pasangan betina dan membuat suara yang rumit untuk menunjukkan dominasi mereka atas anggota kawanan lainnya. 

Baca Juga

"Untuk sebagian besar tahun, mereka semua berteman. Mereka membentuk apa yang disebut kawanan bujangan, yang semuanya jantan dewasa ketika bukan musim kawin, pergi dan berkumpul bersama," kata penjaga Northwest Wildlife Trek, Skylar King.

"Sekarang setelah perubahan pada akhir musim panas, hormon-hormon itu mulai berubah," ujarnya.

Rusa besar ini juga dapat ditemukan berdebat dengan anggota kawanan lainnya, mengerahkan dominasi mereka dan berusaha mencari tahu posisi selama periode kawin tahun ini. "Tujuan pejantan selama musim kawin adalah menjadi satu-satunya pria dengan semua betina, dan menjauhkan pejantan lain dari anak perempuan." kata King.

"Anda akan mulai melihat mereka berkubang di lumpur, menggelapkan tubuh mereka seperti semprotan cokelat bagi manusia. Mereka akan mengibaskan air seni pada diri mereka sendiri untuk membuat baunya tak tertahankan bagi para betina. Ada banyak perilaku yang sangat unik," ujarnya.

Bahkan rusa jantan yang lebih muda mengambil bagian dalam prosesnya. Mereka mengunci tanduk dan meniru perilaku rusa jantan yang lebih tua sebagai bentuk latihan, karena mereka akan benar-benar bersaing selama musim rut.

King mengatakan, musim rut rusa dapat disaksikan di berbagai bagian Amerika Utara selama awal musim gugur. Hanya saja peristiwa ini tergantung pada subspesies iklim dan kawanan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement