REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Mei lalu, WhatsApp berencana merilis paket berlangganan untuk akun bisnis, yaitu WhatsApp Premium. Berkat WhatsApp Premium, akun bisnis dapat memanfaatkan beberapa fitur canggih seperti cara yang lebih baik untuk dijangkau oleh pelanggan dan beberapa peningkatan saat menautkan perangkat baru.
Pekan ini, WhatsApp akhirnya merilis paket berlangganan untuk bisnis tertentu yang menginstal versi beta terbaru dari aplikasi Android dan iOS yang tersedia di Play Store dan TestFlight. WhatsApp Premium adalah paket premium opsional yang tersedia untuk akun bisnis tertentu yang dapat mereka ikuti dengan membuka “Settings.”
Jika ada bagian baru bernama “WhatsApp Premium,” berarti akun bisnis tersebut memenuhi syarat untuk bergabung dengan paket premium. Ketika sebuah akun bisnis bergabung dengan WhatsApp Premium dengan membayar biaya berlangganan tertentu, akan ada dua layanan baru:
1. Tautan bisnis khusus
Ini adalah tautan pendek unik yang memungkinkan pelanggan melihat halaman bisnis arahan dan memulai percakapan dengan mudah dengan membuka tautan khusus. Misal, https://wa.me/mybusiness yang dapat diubah setiap 90 hari sekali. Dengan memilih tautan khusus yang cocok dengan nama bisnis, ini akan membantu pelanggan mengingat tautan lebih baik.
2. Peningkatan untuk multi-perangkat
Akun bisnis yang bergabung dengan WhatsApp Premium dapat menautkan hingga 10 perangkat sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mengelola percakapan ketika lebih banyak orang dalam bisnis tersebut menggunakan akun WhatsApp yang sama untuk mengirim pesan kepada pelanggan.
Dikutip WABetaInfo, Selasa (11/10/2022), WhatsApp Premium hanya paket opsional untuk memberikan beberapa fitur kepada akun bisnis yang memerlukan layanan lanjutan tertentu sehingga jika tidak bergabung, pengalaman menggunakan aplikasi bisnis tidak akan berubah.