Ahad 09 Oct 2022 08:45 WIB

Misi Astronaut SpaceX Crew-5 Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kapsul Dragon sampai di ISS setelah perjalanan 29 jam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari Pad 39A di Kennedy Space Center, di Port Canaveral, Florida, Selasa malam, 9 Agustus 2022. Misi astronaut terbaru SpaceX untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mencapai tujuannya.
Foto: Craig Bailey/Florida Today via AP
Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari Pad 39A di Kennedy Space Center, di Port Canaveral, Florida, Selasa malam, 9 Agustus 2022. Misi astronaut terbaru SpaceX untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mencapai tujuannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Misi astronaut terbaru SpaceX untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mencapai tujuannya. Misi Crew-5 diluncurkan Rabu (5/10/2022) dari Kennedy Space Center NASA di Florida, mengirimkan kapsul Dragon ke atas roket Falcon 9.

Kapsul Dragon bernama Endurance itu sampai di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Kamis (6/10/2022), setelah pengejaran orbit selama 29 jam. Dilansir dari Space, Ahad (9/10/2022), Endurance melakukan kontak dengan port depan modul Harmony stasiun pada pukul 21.01 GMT, sementara dua pesawat ruang angkasa itu terbang di atas Samudra Atlantik di lepas pantai Afrika Barat. Operasi docking selesai sekitar 10 menit kemudian.

Baca Juga

Lubang palka antara Endurance dan ISS dibuka sekitar pukul 22.45 GMT dan astronaut Crew-5, Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, Koichi Wakata dari Jepang dan kosmonaut Anna Kikina, melayang di atas lab yang mengorbit sekitar 10 menit kemudian. Mereka akan tinggal di ISS selama lima bulan.

Mann dan Kikina mendapatkan kehormatan membawa mantel pribadi untuk misi ini. Mann adalah wanita asli Amerika pertama di luar angkasa dan Kikina adalah kosmonaut pertama yang terbang dengan SpaceX Dragon. Keduanya adalah pemula luar angkasa, seperti halnya Cassada. Wakata kini sudah lima kali ke luar angkasa.

Dragon Endurance juga mengangkut misi  Crew-3 SpaceX ke ISS dan kembali. SpaceX mengoperasikan armada empat kapsul Crew Dragon, yang diperbaharui dan diuji sebelum setiap penerbangan kembali. Ketahanan terbang dengan kombinasi komponen baru dan sebelumnya diterbangkan, termasuk pelindung panas baru, parasut, dan kerucut hidung.

SpaceX juga terkenal karena menerbangkan roket bekas, tetapi peluncuran Crew-5 menampilkan Falcon 9 dengan tahap pertama yang benar-benar baru. Booster, dicat dengan logo worm NASA, berwarna putih cerah, bebas dari jelaga yang merupakan pemandangan biasa pada tahap pertama perusahaan.

"Kami suka mendapatkan booster baru," kata Steve Stich, manajer program kru komersial NASA, dalam konferensi pers pasca-peluncuran kemarin.

“Setiap kali SpaceX menempatkan booster baru di armada, mereka terus melakukan peningkatan keamanan pada booster tersebut,” Stich menjelaskan. 

Para astronot Crew-5 bergabung dengan tujuh awak yang sudah berada di ISS, empat di antaranya adalah anggota misi Crew-4 SpaceX. Kedatangan Crew-5 memulai hitungan mundur untuk keberangkatan Crew-4 dari stasiun, yang akan terjadi dalam waktu sekitar seminggu, kata Sarah Walker, direktur manajemen misi Dragon di SpaceX.

Waktu yang tepat dari kembalinya Crew-4 di lepas pantai Florida tergantung pada cuaca, kata Walker selama konferensi pers pasca-peluncuran kemarin.

“Jadi, kami akan terus memantau cuaca,” katanya. “Kendaraan yang mendukung misi Crew-4 dalam keadaan sehat, dan kami hanya akan melihat kondisi itu untuk membawa pulang kru dengan selamat.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement