Jumat 16 Sep 2022 15:34 WIB

Tiru BeReal, TikTok Luncurkan Fitur Baru

BeReal mengundang pengguna untuk mengambil foto secara acak untuk tangkap aktivitas.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Logo aplikasi BeReal
Foto: App Store
Logo aplikasi BeReal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TikTok meluncurkan fitur baru yang meniru aplikasi sosial BeReal. BeReal mengundang pengguna untuk mengambil foto kamera depan dan belakang secara acak setiap hari yang dirancang untuk menangkap gambar tentang aktivitas pengguna sepanjang hari.

Aplikasi saingan, Snapchat dan Instagram, telah merilis fitur kamera depan dan belakang. Instagram dikabarkan sedang mengerjakan fitur ephemeral berbasis waktunya sendiri. Namun, TikTok mengalahkan pesaingnya dengan menjadi aplikasi pertama yang langsung memotong dan menempelkan BeReal ke platformnya.

Baca Juga

“TikTok Now mengundang Anda dan teman Anda untuk mengabadikan apa yang Anda lakukan saat ini menggunakan kamera depan dan belakang perangkat Anda. Anda akan menerima permintaan harian untuk merekam video 10 detik atau foto statis untuk membagikan apa yang Anda rencanakan dengan mudah,” kata perusahaan dalam postingan blog.

Selain meniru fitur BeReal, TikTok juga membuat notifikasi agar pengguna tidak berhenti membagikan kegiatan. TikTok mengatakan bahwa fitur tersebut sekarang tersedia untuk pengguna Amerika Serikat (AS). Rencananya, TikTok akan menambahkan fitur Now ke wilayah lain. TikTok Now sudah dapat diunduh sebagai aplikasi mandiri.

Dilansir Tech Crunch, Jumat (16/9/2022), saat diluncurkan, TikTok Now memiliki beberapa fitur privasi bawaan. Jika seseorang di bawah usia 16 tahun mendaftar untuk aplikasi TikTok Now mandiri, akun mereka akan disetel ke pribadi secara default. Selain itu, pengguna harus berusia 18 tahun untuk membagikan postingan TikTok Now mereka di Explore Feed. Untuk pengguna 13 hingga 15 tahun, hanya teman atau orang yang mengikuti dapat mengomentari postingan. Bahkan, untuk pengguna 18+, pengaturan default akan memungkinkan hanya teman untuk melihat postingan meskipun dapat mengubah pengaturan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement