Jumat 02 Sep 2022 09:30 WIB

RS di Belgia Manfaatkan Drone untuk Kirim Sampel Jaringan Manusia ke Laboratorium

Pengiriman lewat drone persingkat waktu tempuh sehingga hasil lab lebih cepat keluar

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Pengiriman sampel jaringan lewat drone mempersingkat waktu tempuh sehingga hasil lab lebih cepat keluar. Ilustrasi.
Foto: Pixabay
Pengiriman sampel jaringan lewat drone mempersingkat waktu tempuh sehingga hasil lab lebih cepat keluar. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BELGIA — Rumah sakit (RS) di Belgia telah mulai menguji drone untuk menghemat waktu pengiriman sampel jaringan manusia di seluruh pusat kota, antara pasien di meja operasi dan laboratorium medis, yang pertama di Eropa. Pada Selasa (23/8/2022), sebuah drone diterbangkan oleh kontraktor swasta lepas landas dari sebuah gedung Antwerpen di grup rumah sakit ZNA dan terbang 800 meter untuk mendarat di atap situs Sint-Agustus grup GZA.

Tersampir di bawah quadcopter adalah labu steril berisi sampel jaringan manusia untuk diuji sel kanker. Uji terbang pertama diikuti oleh empat sampel lainnya.

Baca Juga

Dilansir Malay Mail perusahaan swasta Helicus adalah satu-satunya perusahaan di Eropa yang telah diberikan lisensi menggunakan drone untuk tujuan medis, di atas kota dan dengan pilot jarak jauh yang tidak terlihat. Drone itu diproduksi oleh perusahaan Belgia SABCA dan Helicus berharap dapat mengembangkan operasi komersial dengan penerbangan reguler pada 2024.

Pengujian sedang berlangsung, tetapi Uni Eropa diperkirakan akan mengadopsi aturan baru tahun depan yang dapat membuat penerbangan medis diizinkan di seluruh blok 27 anggota. Michael Shamim, kepala eksekutif Helicus, mengatakan kepada AFP bahwa rumah sakit menghemat biaya dengan memusatkan laboratorium pengujian - tetapi kemudian menemukan diri mereka lebih jauh dari pasien.

“Anda membutuhkan sistem logistik yang cepat dan di situlah drone masuk,” katanya.

Drone tidak terpengaruh oleh penundaan lalu lintas dan penutupan jalan sehingga rute langsung antar fasilitas rumah sakit sering kali lebih cepat tetapi juga lebih dapat diprediksi. Dua kelompok rumah sakit besar Antwerpen, ZNA dan GZA, menangani 1.200 sampel jaringan yang diambil selama operasi per tahun, dan ini harus sering dianalisis dengan cepat untuk memutuskan jalannya operasi.

Saat ini, sampel dibawa ke empat laboratorium kota melalui jalan darat dan terkadang dengan taksi. “Saat mengangkat tumor, ahli bedah mencoba untuk menyelamatkan jaringan di sekitarnya sebanyak mungkin. Namun untuk memastikan tumor telah benar-benar diangkat, sampel dikirim ke laboratorium selama prosedur dan hasilnya harus keluar dalam waktu 30 menit,”  kata ahli patologi Sabine Declercq. 

Untuk saat ini, hanya sampel yang dimaksudkan untuk analisis seperti jaringan manusia dan urin yang dibawa oleh drone. Akan tetapi Helicus berharap suatu hari nanti drone dapat membawa transfusi darah dan organ donor langsung ke pasien.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement