Selasa 30 Aug 2022 04:15 WIB

Studi: Ekstrak Bawang Merah Terbukti Turunkan Kadar Gula Darah Hingga 50 Persen

Peneliti mengungkap bawang merah dapat turunkan gula darah dan kolesterol total.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang merah. Ekstrak bawang merah tampak bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah yang tinggi dan kadar kolesterol total pada tikus diabetes ketika diberikan dengan obat antidiabetes metformin.
Foto:

Penelitian ini mengikuti penelitian yang dilakukan di University of Madrid, Spanyol pada 2011. Para peneliti menyimpulkan bahwa kulit bawang dapat memberikan manfaat perlindungan bagi penderita diabetes tipe 2.

Penelitian, yang juga melibatkan ilmuwan dari Cranfield University di Inggris, menemukan bahwa kulit coklat dan lapisan luar bawang mengandung serat dan flavonoid. Sementara itu, umbinya mengandung senyawa belerang dan fruktan.

Penelitian menunjukkan bahwa karena kulit cokelat bawang merah mengandung serat makanan yang tinggi dapat digunakan sebagai bahan fungsional. Lalu, dua lapisan berdaging terluar juga mengandung serat dan flavonoid, dan memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi.

"Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan limbah bawang merah sebagai sumber bahan alami dengan nilai fungsional tinggi, karena sayuran ini kaya akan senyawa yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia," kata peneliti Vanesa Benitez.

Benitez mengatakan makan serat mengurangi risiko menderita penyakit kardiovaskular, keluhan pencernaan, dan kanker usus besar. Serat juga baik untuk mengindari risiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement