Senin 29 Aug 2022 18:40 WIB

Instagram Bantah Tuduhan Bagikan Lokasi Pengguna

Menurut Instagram, layanan lokasi adalah pengaturan ponsel.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Pengguna Instagram menyambut fitur terbaru, yakni pinned postingan atau Reels. Instagram Bantah Tuduhan Bagikan Lokasi Pengguna
Foto: instagram
Pengguna Instagram menyambut fitur terbaru, yakni pinned postingan atau Reels. Instagram Bantah Tuduhan Bagikan Lokasi Pengguna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram mengatakan klaim viral yang menyarankan tag lokasi pada konten dapat mengungkapkan precise location atau lokasi persis pengguna adalah salah. Beberapa postingan viral menyarankan ini adalah hasil dari pembaruan Instagram atau iOS. Namun, Instagram membantah klaim itu dan mengatakan platform tidak membagikan lokasi dengan pengguna lain.

Apa itu precise location?

Baca Juga

Pengaturan ini pertama kali diungkapkan kepada pengguna iOS dalam pembaruan sistem operasi tahunan Apple, iOS 14, pada tahun 2020. Setahun kemudian, pengaturan diluncurkan untuk pengguna Android 12.

Ini memberi pengguna opsi untuk menyediakan beberapa aplikasi dengan lokasi yang lebih akurat. Meskipun sekarang dilihat oleh beberapa orang sebagai fitur kontroversial, fitur ini dipuji saat pertama kali dirilis sebagai cara untuk meningkatkan privasi pengguna di perangkat seluler.

Setelan diaktifkan secara otomatis untuk pengguna di aplikasi yang diberi izin untuk mengakses lokasi mereka. Untuk aplikasi yang lokasi akuratnya dinonaktifkan, hanya perkiraan lokasi yang akan diidentifikasi dan digunakan.

Saat diaktifkan di setelan lokasi aplikasi, aplikasi ini memberi izin untuk menentukan lokasi yang tepat menggunakan GPS untuk tujuan tertentu, biasanya untuk perjalanan atau mengumpulkan data pengguna latar belakang dan pribadi.

Penggunaannya berbeda dari aplikasi ke aplikasi. Sementara Uber mungkin menggunakannya untuk menentukan lokasi Anda saat memesan perjalanan, di Snapchat ini dimanfaatkan untuk Snap Map di mana pengguna dapat menunjukkan lokasi mereka di peta kepada pengguna lain jika mereka telah memberikan izin aplikasi atau tidak secara pribadi "ghost mode.”

Bagaimana cara kerjanya di Instagram?

Beberapa postingan viral mengatakan karena pembaruan iOS atau Instagram baru, orang dapat menemukan lokasi persis Anda saat membagikan lokasi Anda di postingan atau Stories. Jika pengguna memposting lokasi umum sebuah kota, orang masih dapat melihat dengan tepat di mana Anda berada sebagai pin di peta.

Mereka mengatakan fitur ini digunakan oleh penjahat untuk menargetkan orang, terutama influencer, secara online. Klaim menyebar sebagai infografis, TikToks viral, dan meme dengan beberapa pengguna mendesak untuk segera mematikan lokasi yang tepat untuk Instagram.

Dilansir BBC, Senin (29/8/2022), Instagram membantah klaim dengan klarifikasi di Twitter. “Agar jelas, kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain. Mirip dengan perusahaan media sosial lainnya, kami menggunakan lokasi yang tepat untuk hal-hal seperti tag lokasi dan fitur peta,” kata @InstagramComms.

Misalnya, pengguna dengan precise location yang diaktifkan akan melihat opsi untuk lokasi yang lebih dekat dengan mereka ketika mencoba menambahkan geotag ke Instagram Story atau posting. Kepala Instagram Adam Mosseri mengutip-tweet tanggapan Instagram.

Dia menegaskan layanan lokasi adalah pengaturan perangkat di ponsel dan bukan fitur Instagram baru. “Kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement