Senin 01 Aug 2022 19:10 WIB

Mahasiswa Udinus Semarang Buat Robot Pengangkut untuk Pabrik

Robot memiliki daya angkut hingga 300 kg.

Robot. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Robot. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menciptakan robot Automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo. Robot ini bisa digunakan untuk membantu pengangkutan saat proses produksi di sebuah pabrik.

Ketua Tim Inovasi Robot AGB Kaibo Muhammad Tegar Amrullah mengatakan, robot ini merupakan bagian dari karya yang dihasilkan dari program Kedaireka yang dihasilkan Udinus. Menurut dia, dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 bulan untuk menyelesaikan robot yang mampu bergerak otomatis tersebut.

Baca Juga

Ia menjelaskan robot yang mampu berjalan pada jalur yang sudah ditentukan itu memiliki daya angkut hingga 300 kg. "Robot ini didesain untuk membawa dan memindahkan barang dalam suatu proses produksi di pabrik," katanya, melalui siaran pers, Senin (1/8/2022).

Menurut dia, keberadaan robot tersebut diyakini bisa menghasilkan proses produksi yang lebih efektif dan efisien. Menurut dia, AGV Kaibo sendiri sudah mulai digunakan oleh PT Globalindo Intimates di Kabupaten Klaten.

Robot tersebut mampu menggantikan tenaga manusia dalam pengangkutan barang saat proses produksi. Dalam pengembangan karya mahasiswa, Fakultas Teknik Udinus sendiri memiliki fasilitas pendukung berupa laboratorium Robotika, Otomasi, dan Electric Vehicle.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement