Ahad 24 Jul 2022 17:45 WIB

Rover NASA Temukan Benda Mirip Tali di Mars, Apa Itu?

Rover Perseverance beberapa kali menemukan benda aneh di Mars.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Rover Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) menemukan objek misterius miirp tali yang membingungkan.
Foto: NASA/JPL-Caltech
Rover Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) menemukan objek misterius miirp tali yang membingungkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rover Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) menemukan objek misterius miirp tali yang membingungkan. Objek itu terletak di wilayah yang belum dipetakan oleh NASA. 

Dilansir dari BGR, Ahad (24/7/2022) NASA berpikir tali itu mungkin datang dari pendaratan Perseverance. Perseverance menemukan tali misterius di bagian Kawah Jezero yang belum diperiksa. 

Baca Juga

Tali itu terlihat dalam gambar yang diambil oleh kamera penghindaran bahaya kiri depan rover. Kamera ini membantu Perseverance menavigasi lanskap Mars. 

NASA tidak dapat menentukan secara pasti tentang apa tali misterius yang ditemukan di Mars itu. Namun, tim Perseverance berpikir mungkin itu hanya puing-puing dari pendaratan rover. 

Perseverance menggunakan teknologi jetpack bertenaga roket untuk mendarat dengan aman di Mars. Alhasil, tidak ada dampak berbahaya saat tim membawa rover ke Kawah Jezero.

Tali misterius itu ditemukan oleh Perseverance. Yang membuatnya sangat menarik adalah bahwa Perseverance itu belum pernah berada di bagian kawah itu sebelumnya. NASA berpikir bahwa angin dapat membawa tali ke lokasinya saat ini. Sebab, objek itu hilang ketika Perseverance kembali ke lokasi empat hari kemudian.

Menemukan sampah di Mars

Sepanjang waktunya di permukaan Mars, Perseverance telah membuat sejumlah penemuan. Tapi rover telah menemukan sampah lain selain tali misterius di Mars ini. Perseverance itu menemukan sepotong kertas timah yang cerah pada pertengahan Juni. 

Menurut NASA, foil itu kemungkinan sisa dari selimut termal yang membantu mengontrol suhu rover saat sedang terbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement