Jumat 22 Jul 2022 09:42 WIB

Facebook Tekankan Postingan Feeds Berdasarkan Urutan Kronologis

Fitur baru untuk Feeds (umpan) di Facebook disebut Feeds tab.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Platform media sosial Facebook akan lebih menekankan postingan Feeds berdasarkan urutan kronologis.
Foto: EPA
Platform media sosial Facebook akan lebih menekankan postingan Feeds berdasarkan urutan kronologis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform media sosial Facebook akan lebih menekankan postingan Feeds berdasarkan urutan kronologis. Hal itu diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada Kamis (20/7/2022). Melalui postingan Facebook, dia mengatakan fitur baru untuk Feeds (umpan) disebut Feeds tab.

Feeds tab adalah tempat di dalam umpan Facebook di mana pengguna dapat melihat postingan dari teman, grup, dan lainnya secara terpisah dalam urutan kronologis. Pada dasarnya pengguna dapat menggunakan tab ini untuk fokus pada konten yang mungkin paling dipedulikan di Facebook.

Namun, lewat kabar dari Zuckerberg, membuat satu hal menjadi jelas. Yakni, meskipun Facebook menawarkan fitur itu untuk membantu pengguna mengikuti postingan yang paling penting, itu tidak berarti umpan beranda (home) pengguna tidak berurutan secara kronologis.

“Aplikasi masih akan terbuka untuk umpan yang dipersonalisasi di tab beranda, tempat mesin penemuan kami akan merekomendasikan konten yang menurut kami paling Anda pedulikan,” katanya.

Artinya, pengguna masih dapat mengunggah postingan yang direkomendasikan berdasarkan algoritma di umpan Facebook. Selain itu, pengguna juga mendapatkan opsi Feeds tab terpisah.

Dilansir Digital Trends, Jumat (22/7/2022), Feeds tab dibagi menjadi beberapa subbagian seperti All, Favorites, Friends, Groups, dan lain-lain. Subbagian ini memfilter posting di umpan ke dalam kategori yang mungkin diminati. Kemudian setiap bagian ini berisi postingan yang diurutkan secara kronologis dengan postingan terbaru di bagian atas.

Feeds tab dapat diakses segera setelah pengguna membuka aplikasi seluler. Aplikasi seluler akan default ke bagian tab Home dari umpan Facebook, tetapi pengguna dapat mengakses Feeds tab dengan mengetuk ikon di bagian atas layar. Kemudian di bawah tajuk umpan, pengguna dapat mengetuk berbagai tajuk subbagian untuk fokus pada sumber kiriman tertentu yang ingin dilihat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement