Rabu 13 Jul 2022 13:04 WIB

Google Mulai Gabungkan Duo di Versi Baru Google Meet

Duo dan Meet akan bergabung menjadi satu platform panggilan video.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Dwi Murdaningsih
Google meet mempermudah untuk mengecek peserta rapat.
Foto: google
Google meet mempermudah untuk mengecek peserta rapat.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Bulan lalu, Google mengumumkan bahwa dua produk panggilan video, Duo dan Meet akan bergabung menjadi satu platform panggilan video yang disebut "Google Meet." Sejumlah pengguna kemudian mulai melihat penggabungan ini sebagai versi terbaru aplikasi Google Duo di Android.  

Dilansir dari Gsmarena, Selasa (12/7/2022), aplikasi Duo akan menjadi Meet. Ini dilengkapi dengan nama dan ikon baru, dan lebih banyak fitur seperti efek latar belakang

Baca Juga

Aplikasi yang diperbarui menunjukkan bahwa "Duo menjadi lebih baik" dan tombol tindakan utama telah berubah dari "Panggilan Baru" menjadi "Baru". Pengguna juga dapat melakukan penjadwalan pertemuan dengan Google Kalender untuk mengatur panggilan. 

Pesan pop-up baru menunjukkan persyaratan privasi yang diperbarui, yaitu peralihan dari penggunaan enkripsi end to end ke enkripsi cloud, yang menurut Google memungkinkan lebih banyak fitur seperti obrolan dan teks langsung.  Mereka juga mengingatkan bahwa pengguna yang diblokir di Duo tidak akan ditransfer ke Meet.

Jika pengguna menjadwalkan Meet baru melalui situs web desktop, rapat akan ditampilkan di bawah bagian "meetings" baru pada aplikasi yang juga akan mencantumkan acara terjadwal lainnya dari kalender.

Google Duo adalah aplikasi panggilan video sederhana Google untuk smartphone atau desktop yang akan menyaingi FaceTime ketika diluncurkan bersama Allo pada tahun 2016. Sedangkan Meet diluncurkan beberapa bulan kemudian pada tahun 2017.

Google Meet adalah platform konferensi video Google yang terintegrasi dengan  Google Kalender dan Gmail. Popularitasnya meningkat di tengah lonjakan permintaan aplikasi konferensi selama awal pandemi Covid-19.

Halaman support Google juga merinci transisi Google Duo ke Meet, yang akan mencakup semua fitur yang bermanfaat bagi pengguna Meet seperti panggilan video 100 orang dan panggilan video yang disempurnakan dengan teks tertutup langsung dan latar belakang virtual. Sementara itu, Meet akan mempertahankan fitur dari Duo termasuk filter dan efek yang menyenangkan, kemampuan untuk mengirim pesan video, dan kemampuan untuk menggunakan Asisten Google untuk menelepon perangkat rumah. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement