Selasa 12 Jul 2022 23:11 WIB

Mengenal Telstar 1, Satelit Pertama yang Kirimkan Sinyal Televisi 

Misi luar angkasa pertama dengan pendanaan komersial adalah Telstar 1.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Satelit Telstar 1
Foto: nasa
Satelit Telstar 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telstar 1 adalah satelit komunikasi pertama yang dapat mengirimkan sinyal televisi dari Eropa ke Amerika Utara. Telstar 1, diluncurkan ke orbit pada 10 Juli 1962. Sebuah roket Delta digunakan untuk meluncurkannya ke orbit.

Telstar, bola seberat 171 pon, 34,5 inci yang dilapisi panel surya dan dikemas dengan transistor, mengirimkan sinyal pertamanya tak lama setelah lepas landas dari Cape Canaveral di Florida.

Baca Juga

Dilansir dari Earth Sky, bendera Amerika akhirnya terlihat di luar stasiun penerima di Andover, Maine, dua hari setelah transmisi awal gambar dibuat. Setelah itu, Telstar mulai mengirim data seperti panggilan, faks, dan gambar televisi langsung.

Setelah pengenalan Telstar, Presiden John F. Kennedy menyatakan bahwa ini adalah representasi luar biasa dari pencapaian luar angkasa Amerika. Telstar 1 membuka jalan bagi pengenalan liputan berita langsung sepanjang waktu. 

Sejarah

Misi luar angkasa pertama dengan pendanaan komersial adalah Telstar 1. Satelit komunikasi operasional pertama adalah Telstar 1. 

Satelit ini juga menunjukkan kelayakan transmisi informasi satelit. Ini memberi operator pesawat ruang angkasa beberapa praktik pelacakan satelit. Meskipun Telstar 1 hanya beroperasi untuk waktu yang singkat. Telstar 1 menarik perhatian dunia dan membantu meluncurkan era modern komunikasi global yang sekarang kita anggap remeh.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement