Jumat 08 Jul 2022 13:28 WIB

Mengenal Grace Hopper, Ibu Komputer Dunia

Hopper menulis manual pemrograman komputer pertama di dunia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Grace Hopper.
Foto: Computer History Museum
Grace Hopper.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi komputasi terus berkembang dari masa ke masa. Namun, dunia komputasi tak terlepas dari sosok perempuan bernama Grace Hopper.

Dia adalah pegawai Harvard Computation Lab sebagai bagian dari Angkatan Laut AS. Kemampuannya dalam bidang pemrograman komputer Mark 1 untuk mempercepat kinerja militer membuatnya dijuluki sebagai "the mother of computing".

Baca Juga

Dia kemudian pindah ke EckertMauchly Computer Corp dan berperan dalam pengembangan komputer komersial pertama bernama UNIVAC I. Dalam pengembangan tersebut, dia menjadi salah satu arsitek dari bahasa komputer baru yang dikompilasi atau new compiled computer language (COBOL).

Dikutip dari news.yale.edu, Hopper juga dikenal sebagai penulis yang baik. Di bawah perintah salah satu pionir di bidang komputer, Howard Aiken, Hopper menulis manual pemrograman komputer pertama di dunia.

Sepanjang kariernya, dia juga sangat menghargai dokumentasi dan mampu menjelaskan situasi dan masalah yang kompleks kepada audiens berbeda. "Saya mulai merasa bahwa tidak ada gunanya melakukan apa pun kecuali Anda dapat mengomunikasikannya dengan baik," katanya dalam sebuah wawancara pada 1980.

Selama Perang Dingin, investasi militer dan bisnis dalam teknologi komputer terus berkembang pesat. Namun, banyak orang yang ternyata tetap skeptis terhadap apa yang dapat dilakukan komputer atau bagaimana mereka dapat mengubah area dan aplikasi baru.

Dia sering berkata ingin hidup sampai 1 Januari 2000 untuk melihat kemajuan tak terduga yang dibuat komputer saat itu. Hopper pun berkeyakinan kuat bahwa kemajuan dalam ilmu komputer akan terus meningkat.

Menurut dia, pada era 2000-an komputer akan berada di mana-mana karena berhasil dibuat lebih ramah pengguna. Sayangnya, Hopper tak dapat mewujudkan keinginan tersebut karena ia meninggal pada 1 Januari 1995 di usia 85 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement