Rabu 29 Jun 2022 19:05 WIB

Habitat Salmon Berkurang Gara-Gara Perubahan Iklim

Salmon membutuhkan tempat yang spesifik untuk bertelur.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ikan Salmon
Foto:

Mereka menghitung perubahan habitat salmon baik di masa lalu dan selama dekade berikutnya, menggunakan tiga model hidrologi yang berbeda untuk mengintegrasikan karakteristik sungai dan debit yang diharapkan hingga tahun 2090.

Volume aliran aliran musim panas menurun 19 persen dan melambat 17 persen selama periode penelitian historis. Karena aliran samping terputus dari saluran utama, akan ada lebih sedikit ruang total yang cocok untuk sarang salmon dan lebih sedikit tempat perlindungan di luar saluran untuk benih ikan. 

Menurut penelitian, habitat yang penting ini telah kehilangan hampir 20 persen dari luasnya selama 60 tahun terakhir. Selain itu, 23 persen tempat berkembang biak salmon hilang.

Menjaga aliran salmon tetap hidup

Salmon membutuhkan tempat yang spesifik. Kerikil di dasar sungai harus tepat, airnya harus dingin dan deras. Harus ada aliran sungai yang tenang agar benih ikan dapat tumbuh. Setiap betina dapat menggunakan hingga enam meter persegi di dasar sungai untuk bertelur.

Secara alami, juga harus ada cukup air mengalir di sungai agar salmon bisa tiba. Lingkungan yang lebih kecil dan berkualitas rendah untuk salmon dapat membuat pemijahan kurang berhasil dan mempersulit salmon muda.

 

Penelitian ini membantu para ahli ekologi dan konservasionis dalam menentukan tempat mana yang kemungkinan besar akan terus berfungsi sebagai habitat yang baik untuk salmon dan spesies lain sehingga dapat dilindungi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement