Kamis 16 Jun 2022 03:19 WIB

Analisis Baru Konfirmasi tidak Ada Kehidupan di Awan Planet Venus

Temuan gas fosfin pad 2020 menimbulkan spekulasi kemungkinan kehidupan di Venus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Foto permukaan planet Venus yang diambil dengan kamera WISPR.
Foto:

 

Ciri khas belerang dioksida yang aneh sangat menarik. Di Bumi, senyawa ini diproduksi secara vulkanik. Ada kemungkinan juga di Venus belerang dioksida diproduksi dengan cara yang serupa. Namun, jika organisme dengan metabolisme berbasis sulfur hidup di atmosfer atas Venus, mereka mungkin bertanggung jawab atas kurangnya sulfur dioksida di ketinggian tersebut.

Para ilmuwan sebelumnya telah mengusulkan metabolisme berbasis belerang yang secara teoritis dapat memanfaatkan spesies kimia yang tersedia di atmosfer Venus. Dengan menggunakan ini sebagai dasar, Jordan dan rekan-rekannya berusaha untuk memodelkan reaksi kimia yang akan terjadi pada bentuk kehidupan yang ada, untuk melihat apakah mereka menghasilkan komposisi atmosfer Venus yang diamati.

Mereka menemukan kehidupan yang memetabolisme belerang dapat menghasilkan penipisan belerang dioksida yang teramati. Namun,  keluaran dari proses metabolisme suatu biomassa dengan ukuran yang dibutuhkan akan menghasilkan senyawa lain dalam jumlah banyak yang. Singkatnya, tidak ada organisme di awan Venus.

“Jika kehidupan bertanggung jawab atas tingkat SO2 yang kita lihat di Venus, itu juga akan menghancurkan semua yang kita ketahui tentang kimia atmosfer Venus," kata Jordan.

 

Saat ini, para ilmuwan pun belum tahu bagaimana atau mengapa belerang dioksida keluar dari atmosfer atas Venus. Hal ini tetap menjadi pertanyaan terbuka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement