Senin 13 Jun 2022 14:08 WIB

Pesta Akademik Sains Bertajuk “Final KSNR 4” Sukses Digelar

Klinik Pendidikan MIPA kembali menggelar pesta akademik sains tingkat nasional

Klinik Pendidikan MIPA kembali menggelar pesta akademik sains tingkat nasional.
Foto: KPM
Klinik Pendidikan MIPA kembali menggelar pesta akademik sains tingkat nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR − Klinik Pendidikan MIPA kembali menggelar pesta akademik sains tingkat nasional bertajuk “Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR)” pada Ahad (12/6/2022). Berbeda dengan tahun sebelumnya, KSNR yang merupakan ajang kompetisi tahunan KPM ini diselenggarakan secara daring melalui Website KPM dan dipantau melalui Zoom. 

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada babak final KSNR tahun ini peserta mengerjakan secara daring melalui Website dengan dipantau oleh para pengawas melalui Zoom,” ujar Ardianto selaku Manajer Lomba KPM.

Baca Juga

Meski pelaksanaan KSNR dilakukan secara online, tapi kompetisi yang mengusung bayaran seikhlasnya ini sukses menarik perhatian publik. Bahkan, sistem penyelenggaraan kompetisi yang dilakukan secara daring juga tidak menyurutkan semangat para pelajar untuk bersaing menjadi yang terbaik di ajang kompetisi sains tingkat nasional ini. 

Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang mencapai ribuan siswa, baik pada babak penyisihan maupun babak final. Untuk babak final KSNR tercatat sebanyak 1.806 pelajar tingkat SD hingga SMA yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia turut adu kecerdasan untuk meraih gelar juara.

Ardianto mengatakan antusiasme tinggi dari para peserta yang mengikuti KSNR ini tentu karena adanya berbagai manfaat dan keuntungan yang didapat. Selain mendapatkan pengalaman seru karena dapat berkompetisi dengan ribuan pelajar lainnya di seluruh Indonesia, para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan berharga. Ini karena KSNR dirancang untuk melatih kecakapan berpikir nalar siswa sebagai proses peningkatan kekuatan literasi sains dalam memahami soal-soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Menariknya, acara ini juga dimeriahkan oleh ajang Olimpiade Guru Sains (OGS) se-Indonesia yang diikuti oleh ratusan guru SD dan SMP dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pengumuman babak final KSNR dan OGS nantinya akan diumumkan pada Kamis, 23 Juni 2022 melalui acara Virtual Awarding di Channel YouTube KPM Seikhlasnya dan Website KPM di laman www.kpm.read1institute.org. Bagi peserta terbaik nantinya tidak hanya mendapat e-sertifikat dan medali tapi juga akan mendapatkan trofi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement