Jumat 10 Jun 2022 13:15 WIB

Microsoft Luncurkan Aplikasi Xbox TV, Bisa Main tanpa Konsol

Microsoft membatasi resolusi streaming pada 1080p pada 60fps

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Xbox edisi Gucci.
Foto: kolaborasi gucci xbox
Xbox edisi Gucci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Samsung bekerja sama dengan Microsoft menghadirkan aplikasi Xbox ke smart TV dan monitor Samsung 2022. Aplikasi yang akan dirilis akhir bulan ini memungkinkan pengguna dapat bermain game tanpa menggunakan konsol Xbox.

Beberapa TV yang disertakan adalah Neo QLED 8K, Neo QLED 4K dan 2022 Smart Monitor Series. Samsung Gaming Hub akan menjadi platform pertama yang menyertakan aplikasi Xbox di smart TV dengan pelanggan Xbox Game Pass Ultimate dapat melakukan streaming lebih dari 100 game, termasuk judul besar seperti Halo Infinite, Forza Horizon 5, dan Fortnite.

Baca Juga

Selain itu, anggota dapat memainkan game baru yang didukung pada hari pertama rilis dari Xbox Game Studios dan dari waralaba seperti Bethesda Softworks. Game yang akan datang termasuk Starfield dan Redfall.

Layanan streaming akan didukung oleh perangkat keras Xbox Series X khusus dan akan bekerja dengan cara yang sangat mirip dengan layanan seperti Netflix atau Disney+. Yakni, pengguna masuk ke akun mereka dan melakukan streaming game seperti di Xbox Cloud Gaming.

Dikutip Trusted Reviews, Jumat (10/6/2022), aplikasi Xbox harus mendukung banyak pengontrol, termasuk rentang pengontrol Xbox, Amazon Luna, dan pengontrol DualSense PS5. Pengguna dapat menghubungkan pengontrol melalui Bluetooth.

Sayangnya, Microsoft membatasi resolusi streaming pada 1080p pada 60fps. Artinya, pengguna masih perlu beralih ke konsol generasi berikutnya atau PC game jika ingin bermain dalam 4K. Selain itu, masih belum ada informasi lebih lanjut kapan aplikasi akan datang ke model TV dan monitor Samsung yang lama.

Samsung mengklaim layanan ini akan tersedia dari hub game mulai 30 Juni di 27 negara. Lebih banyak produsen TV kemungkinan akan mendukung aplikasi Xbox di masa depan meskipun Microsoft belum mengonfirmasi siapa yang akan mengikuti Samsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement