Senin 06 Jun 2022 14:12 WIB

Wajib Catat, 6 Pintasan Keyboard Google Chrome akan Mempermudah Pekerjaan Anda

Pintasan keyboard bisa membantu memaksimalkan saat mejelajahi web.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Chrome. Ilustrasi
Foto: Mashable
Google Chrome. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda pasti pernah mendengar tentang pintasan keyboard Windows yang dapat membantu dalam memaksimalkan waktu, terutama saat menjelajahi web. 

Google Chrome, browser web paling populer di dunia memiliki beberapa pintasan keyboard Chrome yang paling berguna, berikut adalah beberapa pintasan yang tersedia, dilansir dari Digital Trends.

Baca Juga

Untuk membuka kembali tab yang sebelumnya ditutup, tekan Ctrl + Shift + T.

Pintasan ini digunakan jika Anda salah menutup tab di Google Chrome. Saat Anda berada di Google Chrome, cukup tekan tombol Ctrl + Shift + T pada keyboard. Pintasan ini kemudian akan membuka kembali semua tab yang sebelumnya ditutup dalam urutan yang sama saat ditutup. Cukup terus gunakan pintasan hingga semua tab yang salah ditutup dibuka kembali.

Untuk membuka Pengelola Tugas Chrome, tekan Shift + Esc.

Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan tab atau halaman web tertentu di Chrome, Anda dapat menggunakan Pengelola Tugas untuk menutup tab itu atau mencari tahu apa yang salah. Biasanya, Anda harus mengaksesnya melalui menu Alat Lainnya, tetapi ada cara yang lebih cepat.

Pengelola Tugas Chrome mirip dengan Pengelola Tugas Windows dan Monitor Aktivitas MacOS, ini memungkinkan untuk melihat semua operasi latar belakang browser. 

Untuk mengaksesnya, cukup tekan Shift + Esc. Kemudian Anda akan melihat semua tab berlabel "tab:" serta operasi lain seperti rendering GPU dan subframe. Jika ada yang menggunakan terlalu banyak memori dan Anda tahu itu menyebabkan masalah dengan situs web Anda, hentikan. Anda selalu dapat memuat ulang halaman untuk kembali ke tempat Anda sebelumnya.

Untuk melompat ke tab tertentu, tekan Ctrl + 1 hingga Ctrl + 8

Di Google Chrome, apakah Anda memiliki banyak tab yang terbuka? Dengan pintasan keyboard yang sangat khusus, Anda dapat menelusuri tab apapun yang terbuka di Chrome.

Tekan dan tahan tombol Ctrl sambil menekan angka tertentu, seperti 1, 2, atau 3. Ini akan memungkinkan Anda menelusuri tab dalam urutan numerik. 

Ini sebenarnya salah satu dari banyak pintasan navigasi tab Chrome. Ctrl + W menutup tab, Ctrl + Tab menavigasi ke tab terbuka berikutnya, dan Ctrl + Shift + Tab menavigasi ke tab sebelumnya. Juga, jika Anda ingin kembali ke tab sebelumnya, cukup tekan Alt + Home.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement