Jumat 03 Jun 2022 18:40 WIB

Instagran Rilis Fitur Baru untuk Bantu Temukan Anak Hilang

Fitur AMBER Alerts awalnya akan dirilis di AS untuk membantu mencari anak yang hilang

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram memasukkan fitur AMBER Alerts ke dalam aplikasinya. AMBER Alerts merupakan kependekan dari American's Missing: Child Broadcast Emergency Response. Amber alerts diluncurkan 26 tahun lalu sebagai sistem nasional untuk membantu menemukan anak-anak yang hilang dan diculik dengan membagikan peringatan di televisi, radio, rambu-rambu jalan raya, dan melalui peringatan layanan pesan singkat (SMS).

Publik akan mengenal notifikasi AMBER sebagai pemberitahuan yang penting yang didapatkan di ponsel pintar setiap kali seorang anak hilang. Sekarang sistem peringatan diluncurkan terbuka di tab baru di salah satu platform media sosial paling populer di dunia yaitu Instagram.

 

Saat AMBER alerts diaktifkan oleh polisi, sebuah postingan baru akan muncul di feed instagram pengguna Instagram yang menginformasikan mengenai anak yang hilang. Unggahan AMBER tersebut terdiri dari foto anak, deskripsi singkat tentang di mana mereka terakhir terlihat, dan informasi lain yang tersedia yang akan membantu menemukan mereka.

 

Pengguna Instagram akan dapat berbagi peringatan dengan teman-temannya. Jika berhasil melihat orang hilang, Instagram menyediakan nomor telepon supaya penggunanya dapat menghubungi departemen kepolisian setempat.

Instagram yang dimiliki oleh Meta mengatakan di rilisnya bahwa AMBER Alerts khusus untuk area umum pengguna dan aplikasi ini akan menggunakan kombinasi alamat IP, lokasi telepon, dan kota yang terdaftar di profil untuk memutuskan siapa yang mendapatkan notifikasinya.

 

Instagram bermitra dengan National Center for Missing&Exploited Children di Amerika Serikat (AS) dan beberapa organisasi internasional lainnya untuk memungkinkan adanya fitur ini. AMBER Alerts di Instagram nantinya akan diluncurkan ke 24 negara lain dalam beberapa pekan mendatang meskipun mungkin dengan nama yang berbeda. AMBER Alerts adalah sistem Amerika tetapi negara lain memiliki peringatan penculikan anak sendiri.

 

Menambahkan peringatan AMBER ke ruang digital bukanlah hal baru. Google mengintegrasikan peringatan ini ke dalam layanan pencarian dan peta sepanjang 2012.

 

Meta melakukan hal yang sama pada 2015 dengan menambahkan AMBER Alerts ke feed Facebook. Seperti Instagram, Google dan Facebook mengunggah foto anak yang hilang dan detil lainnya yang dapat membantu menemukan anak tersebut.

 

Kabar baik mengenai AMBER Alerts di telepon seluler ini adalah bahwa mereka telah terbukti berhasil. Menurut Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), 123 anak telah ditemukan usai peringatan AMBER tersebut. 

 

"AMBER Alerts Facebook telah berhasil membantu  ratusan kasus pembunuhan anak di seluruh dunia. Sangat menyenangkan melihat sistem ini berfungsi sebagaimana mestinya dan kami berharap dapat melihat aplikasi lain menggabungkannya," kata seorang perwakilan Meta kepada laman Tech Radar, seperti dikutip Jumat (3/6/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement