Kamis 02 Jun 2022 00:41 WIB

Pengguna TikTok Bisa Tonton Video dengan Layar Penuh dengan Clear Mode

Clear Mode saat ini masih dalam tahap uji coba di TikTok.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – TikTok meluncurkan fitur terbaru bernama Clear Mode. Dalam mode tersebut, pengguna memungkinkan menonton video dalam layar penuh tanpa adanya tombol favorit, komentar, dan info lain tentang video.

TikTok mengonfirmasi kepada TechCrunch saat ini sedang menguji fitur Clear Mode, tetapi tidak diketahui berapa banyak orang yang memiliki akses. Mereka yang masuk dalam kelompok uji coba dapat mengakses Clear Mode dengan menekan dan menahan video lalu mengetuk tombol Clear Mode pada menu yang muncul.

Baca Juga

Metode yang sama dapat digunakan untuk keluar dari Clear Mode. Ada juga tombol di sudut kanan bawah yang akan mengembalikan pengguna ke User Interface (UI) standar. Jika Anda mengaktifkan Clear Mode, Anda dapat menonton video TikTok tanpa semua jendela chrome.

Namun, jika Anda menggulir ke video berikutnya, UI kembali hadir sehingga Anda harus mengaktifkan kembali Clear Mode jika ingin mendapatkan pengalaman video layar penuh. Meskipun perubahan ini tidak terlihat terlalu besar, tetapi Clear Mode berguna bagi mereka yang ingin fokus melihat video tanpa melihat informasi atau tombol yang menutupi sebagian besar video.

Dikutip The Verge, Rabu (1/6/2022), fakta TikTok menambahkan fitur itu terasa seperti bukti yang kuat bahwa perusahaan lebih fokus pada video yang lebih panjang. Dalam setahun terakhir, batas waktu maksimum untuk TikToks telah diperluas dari satu menit menjadi 10 menit. Merancang mode untuk fokus pada konten yang lebih panjang juga akan menjelaskan alasan mengapa pengguna harus mengaktifkannya kembali setiap saat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement