Selasa 31 May 2022 21:29 WIB

Sering Lihat Tulisan 'About:Blank' di Internet? Apa Sih Artinya?

Halaman about: blank tidak membahayakan komputer.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Browser (Ilustrasi)
Browser (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda sering menemukan “about:blank” di browser Anda? Pernahkan Anda bertanya-tanya apakah pesan ini disebabkan oleh virus jahat, koneksi internet yang buruk, atau tautan yang rusak? Yuk, cari tahu!

About:blank adalah fitur bawaan di browser web seperti Chrome, Safari, Firefox, Brave, Microsoft Edge, dll. Jika Anda menggunakan salah satu browser ini, Anda dapat menemukan halaman web kosong ini. Kabar baiknya ini bukan masalah serius. 

Baca Juga

Apa artinya about:blank?

Banyak browser web menggunakan URL untuk mengakses halaman web. “About” adalah bagian dari perintah “about:URL” yang berkomunikasi dengan browser untuk menampilkan halaman web internal. Jadi, halaman kosong yang Anda temui sebenarnya adalah perintah bawaan di browser web Anda.

Dilansir dari BGR, Ahad (29/5/2022), bagian “about” memproses beberapa perintah internal ke browser. Sebenarnya ada beberapa perintah “about:” yang digunakan browser web untuk memuat ulang halaman yang telah dibangun ke dalam browser.

Misalnya, coba masukkan “about:settings” di address bar, dan Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan browser. Beberapa halaman “about” umum lainnya adalah “about:downloads”, “about:about”, “about:plugin”, dan “about:extensions”.

Saat Anda memasukkan URL baru dengan perintah “about:” ke address bar browser web Anda, browser memuat halaman bawaan dari perintah tersebut. Itulah sebabnya memasukkan perintah “about:blank” di browser Anda secara otomatis menampilkan halaman kosong.

Seperti yang dijelaskan di atas, halaman ini tidak dimuat dari internet-halaman ini terpasang di browser Anda.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement