Senin 30 May 2022 23:20 WIB

Aruna Dorong Kolaborasi di Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 Besutan KKP

Sederet startup yang bergerak di bidang agrikultur diundang untuk berpartisipasi.

Startup. Ilustrasi
Foto: expertbeacon.com
Startup. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 di Gedung Mina Bahari III KKP, 30 dan 31 Mei 2022. Sederet startup yang bergerak di bidang agrikultur diundang untuk berpartisipasi dalam acara ini, termasuk Aruna, perusahaan supply chain agregator perikanan asal Indonesia yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi.

Kegiatan yang diinisiasi oleh KKP tersebut dilaksanakan untuk mengapresiasi peran startup di Indonesia dalam menyokong kestabilan perekonomian negara, terutama sejak pandemi Covid-19 berlangsung di dunia. Secara lebih spesifik, kontribusi startup yang bergerak di bidang perikanan pun mendorong mata rantai sistem produksi perikanan yang jauh lebih efektif dan efisien. Aruna sebagai startup perikanan bahkan dapat mengalami 86xl kali peningkatan pendapatan di masa sulit tersebut. 

Baca Juga

Direktur Usaha dan Investasi Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Catur Sarwanto mengatakan, kehadiran Millennial dan Gen Z yang bergabung di sejumlah startup perikanan di Indonesia tengah menjadi pusat perhatian. Kontribusi mereka dalam mendorong nilai tambah ekonomi bagi para pelaku di industri tersebut adalah hal yang patut diapresiasi. 

"Bukan hanya menyangga 'hidup' pasar melalui jejaring pasar daring, tapi juga melalui edukasi untuk mendorong kualitas, ketelusuran, dan efisiensi supply chain produk," kata dia di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty menyatakan, potensi laut Indonesia begitu luar biasa. "Bila bukan anak muda Indonesia yang rawat dan optimalkan, lalu siapa lagi? Kini, startup perikanan di Indonesia pun sudah semakin banyak. Kita bekerja sama, saling bahu-membahu untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi maritim dunia pada tahun 2045 kelak. Sebagai salah satu startup perikanan di Indonesia, Aruna ingin menegaskan bahwa kolaborasi adalah apa yang kita semua butuhkan saat ini," ujar dia.

Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 ini menandai komitmen pemerintah untuk mendukung inisiatif baik startup di dalam negeri, khususnya mereka yang bergerak di bidang agrikultur. 

"Potensi sektor kelautan dan perikanan ini sangat luas. Tak heran bila kita perlu fokus yang tinggi dan konsisten untuk dapat menggarapnya secara optimal. Dengan diadakannya Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 ini, KKP menyatakan antusiasmenya dalam mendukung inisiatif startup Indonesia untuk mendobrak tatanan lama ke arah yang lebih baik," kata Direktur Pemasaran PDSPKP Machmud menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement