REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Induk perusahaan Facebook Meta mengatakan akan mulai memberikan rincian lebih lanjut kepada publik tentang bagaimana pengiklan menargetkan orang-orang dengan iklan politik beberapa bulan menjelang pemilihan paruh waktu Amerika Serikat (AS).
Pengumuman tersebut menyusul kritik selama bertahun-tahun bahwa platform media sosial menahan terlalu banyak informasi tentang bagaimana kampanye, kelompok kepentingan khusus, dan politisi menggunakan platform tersebut untuk menargetkan sebagian kecil orang dengan pesan yang mempolarisasi, memecah belah, atau menyesatkan.
Meta, yang juga memiliki Instagram, mengatakan akan mulai merilis rincian pada Juli tentang demografi dan minat audiens yang ditargetkan dengan iklan yang berjalan di dua jejaring sosial utamanya. Perusahaan juga akan membagikan berapa banyak yang dikeluarkan pengiklan dalam upaya menargetkan orang-orang di negara bagian tertentu.
“Dengan membuat kriteria penargetan pengiklan tersedia untuk analisis dan pelaporan pada iklan yang dijalankan tentang masalah sosial, pemilu, dan politik, kami berharap dapat membantu orang lebih memahami praktik yang digunakan untuk menjangkau pemilih potensial di teknologi kami,” tulis Jeff King dalam pernyataan yang diposting ke situs web Meta, dilansir dari Japan Today, Selasa (24/5/2022).
Rincian baru dapat menjelaskan lebih banyak tentang bagaimana politisi menyebarkan pesan politik yang menyesatkan atau kontroversial di antara kelompok orang tertentu. Kelompok advokasi dan Demokrat, misalnya, telah berargumen selama bertahun-tahun bahwa iklan politik yang menyesatkan membanjiri feed Facebook dari populasi berbahasa Spanyol.
Informasi tersebut akan dipamerkan di perpustakaan iklan Facebook, database publik yang telah menunjukkan berapa banyak perusahaan, politisi, atau kampanye yang dibelanjakan untuk setiap iklan yang mereka jalankan di Facebook, Instagram, atau WhatsApp. Saat ini, siapa pun dapat melihat berapa banyak halaman yang telah dihabiskan untuk menjalankan iklan dan perincian usia, jenis kelamin, dan negara bagian atau negara tempat iklan ditampilkan.
Informasi tersebut akan tersedia di 242 negara ketika sebuah isu sosial, politik atau iklan pemilu dijalankan, kata Meta dalam sebuah pernyataan.
Meta mengumpulkan pendapatan 86 miliar dolar Amerika Serikat (AS) selama 2020, tahun pemilihan besar AS terakhir, sebagian berkat sistem penargetan iklan granularnya. Sistem iklan Facebook sangat dapat disesuaikan sehingga pengiklan dapat menargetkan satu pengguna dari miliaran di platform, jika mereka mau.