Kamis 12 May 2022 10:24 WIB

Transkrip YouTube dan Teks Terjemahan Otomatis akan Hadir di Ponsel

Transkrip akan dibuat secara otomatis menggunakan model pengenalan ucapan Google

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
YouTube
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teks adalah salah satu fitur YouTube yang paling berguna. Di Google I/O/2022, perusahaan mengonfirmasi bahwa YouTube akan menambahkan transkrip dan terjemahan otomatis untuk video yang Anda tonton di ponsel.

Dilansir dari Android Police, Kamis (12/5/2022), transkrip akan dibuat secara otomatis menggunakan model pengenalan ucapan Google, seperti teks otomatis. Pengguna dapat membacanya dalam bentuk daftar yang mirip dengan transkrip otomatis di aplikasi Google Recorder.

Baca Juga

Namun, sama seperti teks otomatis, jangan berharap ini berfungsi dengan baik, terutama saat pertama kali diluncurkan. Anda mungkin bisa mendapatkan transkrip yang sempurna atau yang benar-benar berkualitas rendah, tergantung pada videonya.

Android Police juga mendapatkan teks yang diterjemahkan secara otomatis. Ini bekerja persis seperti yang Anda pikirkan-jika video memiliki teks, Anda dapat masuk pengaturannya dan mengetuk “Auto-translate”, pilih bahasa pilihan Anda, dan Anda akan memiliki subtitle yang disesuaikan dengan bahasa Anda. Fitur ini sudah lama tersedia di YouTube versi web, sehingga kehadirannya di versi seluler sudah lama ditunggu.

Fakta bahwa pengguna seluler sekarang dapat menerjemahkan subtitle akan membantu pembuat konten menjangkau pemirsa dari seluruh dunia, apa pun bahasa yang mereka gunakan.

Teks yang diterjemahkan secara otomatis pada awalnya akan tersedia dalam 16 bahasa. Ukraina bergabung dalam daftar itu bulan depan, sebagian agar pengguna dapat melihat konten yang akurat tentang invasi Rusia yang sedang berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement