Ahad 24 Apr 2022 16:30 WIB

Apa Sih Perubahan Iklim? Begini Cara Mencegahnya Lebih Parah

Perubahan iklim mengubah komposisi dari atmosfer global.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktivis Greenpeace Indonesia melakukan aksi di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Aksi mengantarkan 1.000 kartu pos dari masyarakat seluruh Indonesia kepada Presiden Joko Widodo yang disertai patung es seorang anak tersebut untuk mengingatkan adanya ancaman besar perubahan iklim.
Foto:

Menurut situs GreenPeace Inggris, cara utama untuk menghentikan perubahan iklim adalah dengan menekan pemerintah dan bisnis untuk menerapkan langkah berikut:

1.Simpan bahan bakar fosil yang termasuk batu bara, minyak dan gas di dalam tanah

Semakin banyak yang diekstraksi dan dibakar, semakin buruk perubahan iklim yang akan terjadi. Semua negara perlu memindahkan ekonomi mereka dari bahan bakar fosil sesegera mungkin.

2.Berinvestasi dalam energi terbarukan

Mengubah sumber energi utama menjadi energi bersih dan terbarukan adalah cara terbaik untuk berhenti menggunakan bahan bakar fosil. Ini termasuk teknologi tenaga surya, angin, gelombang, pasang surut dan panas bumi.

3.Beralih ke transportasi berkelanjutan

Mengurangi penggunaan mobil dan beralih ke kendaraan listrik serta meminimalkan perjalanan pesawat tidak hanya akan membantu menghentikan perubahan iklim, tetapi juga mengurangi polusi udara.

4.Biarkan alam untuk menyerap lebih banyak karbon

Alam sangat baik dalam membersihkan emisi yang dihasilkan dari aktivitas manusia dan manusia perlu menjaganya. Menanam pohon di tempat yang tepat atau melakukan rewilding, konservasi dalam skala besar yang bertujuan memulihkan dan melindungi proses alami serta daerah hutan merupakan awal yang baik.

5.Lindungi hutan

Hutan sangat penting dalam memerangi perubahan iklim dan melindunginya adalah solusi yang penting. Menebang hutan dalam skala industri dapat menyedot karbon dalam jumlah besar. Namun, perusahaan menghancurkan hutan untuk membuka jalan bagi peternakan, kedelai atau perkebunan kelapa sawit. Pemerintah dapat menghentikan mereka dengan membuat undang-undang yang lebih baik.

6.Lindungi lautan

Lautan juga menyerap karbon dioksida dalam jumlah besar dari atmosfer yang membantu menjaga kestabilan iklim. Melindungi lautan dan kehidupan di dalamnya bisa menjadi cara untuk melindungi diri dari perubahan iklim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement