Kamis 21 Apr 2022 16:30 WIB

Google Rilis Dua Label Demi Ekstensi Chrome Abal-Abal

Google merilis label Featured dan Established Publishers.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Chrome. Ilustrasi
Foto: Mashable
Google Chrome. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google berusaha mempermudah pengguna Chrome untuk memasang ekstensi yang berguna tanpa harus meneliti dari mana asalnya. Perusahaan mulai menerapkan dua label baru untuk ekstensi.

Label pertama bernama Featured terlihat seperti pita hadiah dan akan ditampilkan pada ekstensi yang mengikuti praktik terbaik dan memenuhi standar pengalaman. Ini merupakan proses manual yang melibatkan evaluasi ekstensi untuk pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga

Perusahaan memastikan pengembang menggunakan API terbaru dan mengawasi praktik privasi setiap ekstensi. Untuk menerima label Featured, ekstensi juga harus memiliki laman toko mendetail yang menguraikan tujuan dengan jelas. Selain itu, fitur inti ekstensi harus dapat diakses tanpa kredensial atau pembayaran tambahan.

Label kedua yang akan ditampilkan adalah Established Publishers. Label ini memiliki ikon tanda centang yang diberikan kepada penerbit yang telah memverifikasi identitas dan menunjukkan kepatuhan terhadap kebijakan program pengembang.

Namun, verifikasi identitas saja tidak cukup untuk mendapatkan label. Google menyebut pembuat ekstensi harus menunjukkan rekam jejak positif yang konsisten dengan layanannya dan tidak memiliki pelanggaran kebijakan pengembang. Ini berarti penerbit ekstensi baru harus membuktikan diri terlebih dahulu. Google mencatat itu akan memakan waktu setidaknya beberapa bulan untuk memenuhi syarat.

Dilansir The Verge, Kamis (21/4/2022), perusahaan tidak dapat membayar salah satu dari label baru meskipun mereka dapat menominasikan ekstensi yang ada untuk menerima label Featured.

“Itu selalu menjadi misi kami untuk memudahkan pengguna menemukan ekstensi hebat sambil mengenali penerbit yang membuatnya,” kata Debbie Kim dari Google dalam postingan blog yang merinci label.

Label akan membantu orang merasa lebih baik tentang mengklik tombol instal tanpa khawatir tentang ekstensi berbahaya yang masuk ke Toko Web Chrome.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement