Rabu 20 Apr 2022 11:01 WIB

HUT Ke-32, Teleskop Hubble Rilis Foto Grup 5 Galaksi 'Binatang Buas'

Para peneliti menggambarkan grup galaksi “kelompok binatang buas”.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Tim Hubble telah membagikan gambar khusus yang diambil oleh teleskop yang menunjukkan lima galaksi dikelompokkan bersama.
Foto: esa/hubble/nasa
Tim Hubble telah membagikan gambar khusus yang diambil oleh teleskop yang menunjukkan lima galaksi dikelompokkan bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, VANCOUVER -- Pekan ini akan menjadi istimewa bagi semua orang penggemar astronomi. Teleskop Luar Angkasa Hubble merayakan ulang tahunnya pada Ahad (24/4/2022).

Ini merupakan ulang tahun Hubble yang ke-32 sejak peluncuran instrumen luar biasa ini pada 1990. Untuk memperingati 32 tahun Hubble, tim Hubble telah membagikan gambar khusus yang diambil oleh teleskop yang menunjukkan lima galaksi dikelompokkan bersama. Para peneliti menggambarkannya sebagai “kelompok binatang buas”.

Baca Juga

Dilansir dari Slashgear, Rabu (20/4/2022), geng galaksi, yang secara teknis dikenal sebagai Hickson Compact Group (HCG) 40, sangat berdekatan sehingga mereka pada akhirnya akan bertabrakan dan bergabung menjadi satu galaksi raksasa. Semua itu tidak akan terjadi selama 1 miliar tahun lagi.

Meskipun kelimanya tetap dekat tetapi terpisah, kelompok galaksi ini mencakup tiga jenis galaksi yang berbeda. Tiga dari kelompok itu adalah galaksi spiral, seperti Bima Sakti kita, sementara satu adalah galaksi elips (artinya halus dan tanpa lengan spiral), dan yang terakhir adalah galaksi lenticular, yang berada di tengah antara galaksi spiral dan galaksi elips.

Meskipun relatif umum untuk melihat dua galaksi bergabung, dan bahkan untuk melihat kelompok galaksi berdekatan, kelompok khusus ini adalah salah satu yang paling padat yang diamati hingga saat ini. 

Belajar Tentang Materi Gelap

Selain menjadi gambar, mengumpulkan data tentang kelompok galaksi yang begitu padat dapat membantu para astronom mempelajari materi gelap. Biasanya, kelompok galaksi yang padat ditemukan di pusat gugusan galaksi yang sangat besar.

Namun, kelompok khusus ini keluar dengan sendirinya, relatif jauh dari galaksi lain. Para peneliti berpikir ini mungkin karena galaksi-galaksi ini menampung sejumlah besar materi gelap.

Materi gelap adalah zat misterius. Materi gelap tidak hanya ada di alam semesta kita, tetapi juga membentuk lebih dari seperempat massa segala sesuatu yang ada. Dengan demikian, materi gelap tidak dapat dideteksi secara langsung.

Dalam kasus HCG 40, mungkin ada sejumlah besar materi gelap di sekitar lima galaksi, membentuk awan besar di sekitar mereka. Awan ini memberikan perlawanan yang memperlambat pergerakan galaksi individu dan mengikat mereka bersama-sama.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement