Selasa 19 Apr 2022 10:48 WIB

Ilmuwan Ungkap Fakta Mencengangkan Lebah Madu Saat Terbang

Lebah madu mengawasi tanah yang melaju di bawah mereka untuk mengatur ketinggian.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Petani pemburu lebah madu menunjukan tawon gong usai mengambil madunya di kawasan Gunung Landono di Desa Landono 2, Kecamatan Landono, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.
Foto:

 

Sayangnya, lebah madu tidak memiliki sistem cadangan untuk membantu mereka. Bahkan ketika lantai cermin hanya ada di paruh kedua terowongan, penerbangan stabil mereka dari babak pertama tiba-tiba terganggu oleh penurunan dramatis.

“Menariknya kondisi cermin ganda kami memungkinkan kami lebih dekat dengan kondisi penerbangan dari penerbangan langit terbuka di atas permukaan air yang tenang seperti yang digunakan oleh (Heran & Lindauer)”,ungkap penelitian itu.

“Hasil kami setuju dengan mereka sejauh lebah madu kehilangan ketinggian karena tidak adanya aliran optik ventral.”

Singkatnya, tampaknya lebah menggunakan isyarat visual di tanah untuk mempertahankan ketinggiannya, berbeda dengan isyarat visual dari atas mereka di langit. Ketika tanah tidak lagi memberikan serangga dasar yang tepat, para peneliti berpikir mereka turun lebih rendah di ketinggian untuk melihat apakah mereka bisa mendapatkan kembali ‘aliran optik ventral’ itu.

Berpikir itu lebih jauh dari itu mereka akhirnya jatuh ke tanah. Jika lebah dalam percobaan diberi bidang visual yang lebih luas, mereka mungkin bisa menggunakan isyarat lain di sekitar mereka untuk membantu mempertahankan ketinggian. Tetapi ketika terbang melintasi danau besar yang tenang atau terowongan tertutup, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan serangga untuk mengukur ketinggian mereka.

 

Yang cukup menarik, eksperimen serupa menemukan lalat buah tidak menggunakan aliran optik ventral untuk mengontrol ketinggiannya. Di ketinggian, manusia sering disuruh untuk tidak melihat ke bawah, karena takut kita akan jatuh. Tetapi jika lebah madu mengikuti instruksi yang sama, tabrakannya tidak terhindarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement