Kamis 14 Apr 2022 14:07 WIB

Google Bersiap Rilis Switch to Android

Switch to Android permudah pengguna iPhone beralih ke Android.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Google sedang bersiap untuk meluncurkan cara baru berpindah dari iPhone ke perangkat Android.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Google sedang bersiap untuk meluncurkan cara baru berpindah dari iPhone ke perangkat Android.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google sedang bersiap untuk meluncurkan cara baru berpindah dari iPhone ke perangkat Android. Saat berpindah dari satu perangkat Android ke perangkat baru, Anda dapat dengan mudah menghubungkan kedua ponsel, baik secara nirkabel atau dengan kabel USB untuk menyalin semua data, seperti kontak, pesan, foto, dan informais lain.

Namun, untuk menyalin data Anda dari iPhone ke Android bukan proses yang mudah dan sederhana, termasuk mencadangkan data ke Google Drive dan memulihkannya secara manual. Android 12 membuat segalanya sedikit lebih mudah, memungkinkan Anda menyalin kontak, aplikasi, dan media, tetapi hanya melalui koneksi kabel Lightning.

Baca Juga

Sebaliknya, selama lebih dari lima tahun, Apple telah menawarkan aplikasi Move to iOS khusus untuk Android yang mencoba membuatnya semudah mungkin untuk bergabung dengan ekosistem Apple. Kemudian pada Juli 2021, Google sedang mengerjakan aplikasinya sendiri untuk membantu pelanggan yang menjadikan ponsel mereka berikutnya Android. Aplikasi Switch to Android kini telah diluncurkan secara perlahan ke App Store sebagai aplikasi tidak terdaftar.

Dilansir 9to5Google, Kamis (14/4/2022), pada layar pertama, aplikasi menjelaskan apa yang dapat disalin dari iPhone ke ponsel Android baru, termasuk foto, video, kontak, dan data lain. Kemudian aplikasi meminta Anda untuk memindai kode QR yang seharusnya ditampilkan di ponsel Android selama proses penyiapan dan pemulihan. Setelah terhubung, sebagian besar data penting Anda akan ditransfer secara nirkabel.

Setelah penyalinan selesai, Anda diingatkan untuk menonaktifkan iMessage untuk memastikan pesan dari teman Anda yang masih memiliki iPhone benar-benar terkirim melalui SMS. Langkah terakhir dari proses Switch to Android adalah meminta transfer data iCloud Anda ke Google Drive atau Google Foto. Tombol Start Request cukup meluncurkan Safari ke halaman dukungan iCloud tempat Anda dapat meminta untuk mentransfer salinan data Anda. Sampai saat ini, masih belum ada informasi detail terkait kapan aplikasi akan dirilis secara luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement