Senin 11 Apr 2022 16:49 WIB

Ribuan Spesies Virus Baru Ditemukan di Lautan, Berbahaya?

Peneliti mengamati puluhan ribu sampel air untuk mencari virus RNA.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
virus (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
virus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut sebuah studi baru, lebih dari 5.000 spesies virus baru telah ditemukan di lautan dunia. Para peneliti mengamati puluhan ribu sampel air dari seluruh dunia untuk mencari virus RNA, yaitu virus yang menggunakan RNA sebagai materi genetiknya.

Yang termasuk virus RNA contohnya adalah virus corona baru. Para ilmuwan mengklaim bahwa virus ini kurang dipelajari dibandingkan dengan virus DNA, yang menggunakan DNA sebagai materi genetiknya.

Keragaman virus yang baru ditemukan begitu besar, sehingga para peneliti mengusulkan peningkatan jumlah pengelompokan taksonomi yang diperlukan, untuk mengkategorikan virus RNA dari lima menjadi sepuluh filum yang ada.

"Ada begitu banyak keragaman baru di sini dan seluruh filum (baru), Taravi ricotta, ditemukan di seluruh lautan, yang menunjukkan bahwa mereka penting secara ekologis," penulis utama studi Matthew Sullivan, seorang profesor mikrobiologi di The Ohio State University.

Menurut Sullivan, sebagian besar penelitian virus RNA saat ini terkonsentrasi pada virus yang menyebabkan penyakit, diantaranya adalah Influenza, Ebola, dan virus corona yang menyebabkan COVID-19. Namun, virus RNA ini hanya mewakili "potongan kecil" dari jumlah total virus RNA di planet ini.

"Kami ingin mempelajarinya secara sistematis dalam skala yang sangat besar dan menjelajahi lingkungan yang belum pernah dilihat secara mendalam," kata Sullivan.

Para peneliti mengevaluasi 35.000 sampel air dari 121 tempat di kelima lautan dunia untuk penelitian ini, yang diterbitkan Kamis (7/4/2022) di jurnal Science. Para peneliti adalah bagian dari Tara Oceans Consortium, ini merupakan upaya multinasional yang mempelajari dampak perubahan iklim di lautan.

Para peneliti melihat urutan yang diekstraksi dari organisme air kecil yang dikenal sebagai plankton, yang merupakan hewan air mikroskopis dan inang populer untuk virus RNA. Mereka berfokus pada urutan virus RNA dengan mencari gen kuno yang dikenal sebagai RdRp dan  dapat ditemukan di semua virus RNA tetapi tidak di virus atau sel lain. Dengan gen ini, mereka menemukan sekitar 44.000 sekuens.

Namun, gen RdRp telah berevolusi beberapa kali selama miliaran tahun. Sulit bagi para peneliti untuk menentukan hubungan evolusi antara urutan karena evolusi gen meluas kembali begitu lama. Akibatnya, para peneliti menggunakan pembelajaran mesin untuk membantu mengidentifikasi gen itu.

Mereka menemukan sekitar 5.500 spesies virus RNA baru yang cocok dengan lima filum yang diketahui, serta lima filum yang baru diusulkan Taraviricota, Pomiviricota, Paraxenoviricota, Wamoviricota, dan Arctiviricota, menurut para peneliti.

Dilansir dari  The Conversation, peneliti menjelaskan bahwa virus dari filum Taravi Ricotta ditemukan berlimpah di perairan beriklim sedang dan tropis, sementara virus dari filum Arctiviricota ditemukan berlimpah di Samudra Arktik.

Para penulis percaya bahwa mengetahui lebih baik bagaimana gen RdRp menyimpang dari waktu ke waktu dapat mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kehidupan awal muncul di Bumi.

"RdRp seharusnya menjadi salah satu gen paling kuno - itu ada sebelum ada kebutuhan untuk DNA," kata rekan penulis studi Ahmed Zayed, seorang ilmuwan penelitian di mikrobiologi di Ohio State.

"Jadi kita tidak hanya menelusuri asal usul virus, tapi juga menelusuri asal usul kehidupan," tambahnya.