Jumat 08 Apr 2022 15:27 WIB

Google Larang Aplikasi Android yang Suka Mencuri Data

Sistem Pengukuran dan Perancangan S de RL menulis kode yang muncul di aplikasi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi aplikasi. Google melarang puluhan aplikasi dari Google Playstore setelah menemukan aplikasi tersebut diam-diam mengumpulkan data.
Foto:

Apa yang dilakukan oleh aplikasi?

Dilansir BGR, Jumat (8/4/2022), SDK Sistem Pengukuran dan Perancangan mengumpulkan data lokasi yang tepat, alamat email, nomor telepon, dan detail tentang perangkat yang terhubung di sekitar. Itu juga bisa mengumpulkan data yang disimpan di clipboard telepon yang mungkin termasuk kata sandi saat menggunakan mode salin dan tempel.

Selain itu, SDK juga dapat memindai bagian dari sistem file ponsel, termasuk file yang disimpan di folder unduhan WhatsApp. “Pemikiran bahwa pengumpul data ini dapat membangun basis data yang memetakan email dan nomor telepon seseorang yang sebenarnya ke riwayat lokasi GPS mereka yang tepat sangat menakutkan. Karena basis data semacam itu dapat digunakan untuk menjalankan layanan untuk mencari riwayat lokasi seseorang hanya dengan mengetahui nomor telepon atau email mereka,” tulis Reardon dalam postingan blog di situs web AppCensus.

 

Wall Street Journal melaporkan Google menghapus aplikasi dari toko aplikasinya pada 25 Maret lalu. Juru bicara Google Scott Westover mengatakan aplikasi dapat dimasukkan kembali setelah menghapus perangkat lunak dan beberapa sudah kembali ke Google Play sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement