Kamis 07 Apr 2022 08:12 WIB

Vaksin Semprot Hidung Sputnik V Diklaim Ampuh Lawan Omicron, tak Punya Efek Samping

Vaksin Sputnik V dikembangkan oleh Rusia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin intranasal Sputnik V diklaim dapat ditoleransi dengan baik, tidak memiliki efek samping. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Rusia itu juga disebut sama efektifnya dengan vaksin yang disuntikkan.
Foto:

Efek samping vaksin Covid-19

Sementara vaksin hidung disebut jarang menimbulkan efek samping, vaksin yang disuntikkan sedikit berbeda. Vaksin suntikan bisa berupa dosis tunggal ataupun serangkaian dosis, dibuat untuk mengimunisasi orang terhadap infeksi virus corona.

Ada beberapa vaksin yang melibatkan dua suntikan, namun juga menawarkan manfaat serupa hanya dalam satu kali suntik. Vaksin dibuat dari versi virus yang mati atau dilemahkan untuk membantu sistem kekebalan tubuh mengembangkan antibodi.

Hanya saja, dalam proses pembuatan antibodi, seseorang biasanya akan mengalami beberapa efek samping sementara. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), beberapa efek samping sementara yang paling sering dilaporkan dari vaksin Covid-19 meliputi:

Kemerahan di area suntikan 

Bengkak di lengan

Sakit di lengan

Demam

Meriang

Mual

kelelahan

Sakit kepala

Nyeri otot

 

Dalam kebanyakan kasus, efek samping ini reda dalam satu atau dua hari. Orang yang mengalaminya juga bisa memanfaatkan bantuan obat seperti parasetamol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement