Jumat 25 Mar 2022 16:38 WIB

Google Ubah Cara Memutuskan Ulasan Produk Mana yang Muncul di Pencarian

Pembaruan tiba di tengah beberapa kritik hasil pencarian Google tidak begitu berguna

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Pembaruan tiba di tengah beberapa kritik hasil pencarian Google tidak begitu berguna seperti dulu. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Pembaruan tiba di tengah beberapa kritik hasil pencarian Google tidak begitu berguna seperti dulu. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA — Google mengumumkan pada Rabu (23/3/2022) bahwa mereka membuat beberapa perbaikan pada cara memutuskan ulasan produk mana yang ditampilkan di hasil Pencarian (Search). Gagasan di balik pembaruan ini dan pembaruan ulasan produk terbaru lainnya adalah untuk memastikan bahwa ulasan yang dilihat pengguna berkualitas tinggi dan benar-benar menyertakan informasi bermanfaat tentang produk yang mungkin dipertimbangkan untuk dibeli.

"Peningkatan ini didasarkan pada pembaruan sebelumnya untuk memastikan bahwa ulasan produk di Search memenuhi kriteria tertentu,” kata Perry Liu dari Google dalam sebuah unggahan blog dilansirThe Verge, Jumat (25/3/2022). Berikut adalah beberapa contoh kriteria yang menurut Liu dicari oleh perusahaan:

Baca Juga

1. Sertakan detail mendalam yang bermanfaat, seperti manfaat atau kekurangan item tertentu, spesifikasi tentang kinerja suatu produk, atau perbedaan produk dari versi sebelumnya.

2. Berawal dari orang-orang yang pernah benar-benar menggunakan produk tersebut, dan menunjukkan seperti apa produk tersebut secara fisik atau bagaimana cara menggunakannya.

3. Sertakan informasi unik di luar apa yang disediakan pabrikan seperti visual, audio, atau tuntutan ke konten lain yang merinci pengalaman pengulas.

4. Mencakup produk yang sebanding atau menjelaskan apa yang membedakan produk dari pesaingnya.

Pembaruan yang diumumkan Rabu (23/3/2022) akan diluncurkan selama beberapa pekan ke depan dan dapat memengaruhi peringkat ulasan produk berbahasa Inggris di banyak situs. Demikian kata Google dalam unggahan terpisah. Perusahaan juga berencana untuk membuka dukungan ulasan produk untuk lebih banyak bahasa di masa mendatang.

Pembaruan tiba di tengah beberapa kritik hasil pencarian Google tidak begitu berguna seperti dulu. The Verge harus menunggu dan melihat apakah perubahan ulasan produk ini memudahkan untuk menemukan ulasan berkualitas, tetapi tampaknya itu bisa menjadi langkah kecil ke arah yang benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement