REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Alfamart menyadari potensi masyarakat yang melakukan belanja online terus mengalami peningkatan. Terbantu pula akibat kondisi pandemi, dimana masyarakat dianjurkan mengurangi kegiatan ke luar rumah termasuk untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.
Kesempatan ini membuat Alfamart semakin gencar memperkenalkan Alfagift, aplikasi belanja online dengan banyak keunggulan dibanding aplikasi serupa yang ada, termasuk berinovasi dalam pengembangan fitur-fiturnya guna menambah kenyamanan penggunanya.
Gerai fisik yang tersebar hampir di pelosok negeri dan basis anggota (member) yang dimiliki membuat Alfamart percaya diri bahwa Alfagift mampu memberikan apa yang sebenarnya masyarakat inginkan ketika berbelanja secara online.
“Alfagift berbeda dengan aplikasi belanja online atau quick-commerce yang muncul belakangan ini. Alfagift dibangun berdasarkan pengetahuan terhadap profil, segmentasi dan perilaku belanja jutaan member di gerai Alfamart yang telah dikembangkan melalui program CRM sejak beberapa tahun lalu.” jelas Ryan Alfons Kaloh, Marketing Director Alfamart dalam keterangan tertulisnya, Ahad (20/3/2022).
Hasilnya adalah aplikasi Alfagift, paparnya, dimana pelanggan yang berbelanja di gerai Alfamart maupun melalui aplikasi Alfagift bisa mendapatkan benefit yang sama, bahkan bisa mendapatkan personalised offering berdasarkan algoritma belanja masing-masing konsumen di kedua channel baik offline maupun online.
Konsumen pun merespon dengan cukup baik, Alfagift kini sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang. Alfagift dibuat dengan tampilan yang mudah digunakan namun tetap komplit fitur. Agar pengguna setia hingga pengguna baru pun cepat akrab dan praktis dalam menggunakannya untuk berbelanja.
Fitur di dalamnya dilengkapi dengan consumer loyalty program, informasi aktual promo, informasi member, store locator, e-receipt hingga kemudahan pilihan pembayaran. Bahkan barang yang tidak tersedia di gerai fisik Alfamart tersedia di Alfagift, yakni lebih dari 1.000 produk groceries yang sangat berpeluang secara bisnis dan diminati banyak konsumen
"Sinergi strategi harga, promosi, dan integrasi pengetahuan perilaku konsumen seperti inilah yang disebut ‘real online to offline’ dalam bisnis ritel," ungkapnya.
Alfagift memiliki kampanye #GercepTanpaBatas. Di #GercepTanpaBatas pelanggan bisa menikmati "Belanja gratis Ongkir" karena bisa belanja tanpa ongkos kirim berapapun jumlah belanja. "Belanja Ga Pake Lama" karena belanjaan dikirim dari delivery hub Alfamart terdekat. "Belanja Banyak Promo" karena dalam satu aplikasi bisa mendapat beragam penawaran promo.