Senin 14 Mar 2022 15:50 WIB

Cara Kerja Kode Verifikasi di WhatsApp Web

WhatsApp menambahkan fitur keamanan untuk versi web.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna WhatsApp mungkin sudah mengetahui tentang fitur kemampuan multi-perangat yang diperkenalkan dalam program beta tahun lalu. Sejak diperkenalkan, banyak pengguna WhatsApp menggunakan WhatsApp secara langsung dari web browser mereka.

Kemampuan penting dari fitur ini adalah bahwa multi perangkat bisa mendukung hingga 4 perangkat. Nah, untuk melindungi pengguna WhatsApp web dari kode QR yang bermasalah, Meta telah memperkenalkan Browser Extension yang baru yang dikenal sebagai "Verifikasi Kode (Code Verify).
 
Ekstensi ini memverifikasi keaslian kode WhatsApp web yang disajikan ke browser pengguna.

Baca Juga

Enkripsi end-to-end telah ada sejak lama di WhatsApp di mana pesan dienkripsi dari ujung pengirim dan didekripsi di ujung penerima. Teknologi ini mampu mengamankan pesan teks, gambar, suara ataupun video, di mana hanya penerima saja yang bisa mengakses pesan tersebut.

Pada aplikasi seluler, keaslian aplikasi diaudit oleh toko aplikasi pihak ketiga mana pun. Tetapi ketika datang ke browser, tidak ada audit atau peninjauan integritas. Aplikasi tersebut langsung disajikan ke browser pengguna.

Situs pihak ketiga mana pun dapat mengintervensi fungsionalitas browser dan mencuri data rahasia atau merusak integritas. Karena itu, Verifikasi Kode menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk pengguna web WhatsApp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement