Sabtu 12 Mar 2022 22:54 WIB

Ini Cara Tentukan Seorang Moderator di Fitur Baru Instagram

Instagram kini bisa menetapkan seorang moderator dalam 'live streaming'.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Instagram kini bisa menetapkan seorang moderator dalam 'live streaming'.
Foto: Webster2703 via Pixabay
Instagram kini bisa menetapkan seorang moderator dalam 'live streaming'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram sekarang dapat menugaskan seseorang untuk menjadi moderator dalam live streaming atau siaran langsung. Nantinya, moderator akan berperan dalam membersihkan obrolan dengan melaporkan komentar dan mematikan komentar untuk beberapa penonton.

Ini berarti, saat pengguna sedang siaran langsung, dia bisa berfokus pada kontennya. Untuk menetapkan moderator, pengguna bisa mengetuk tombol "..." di bilah komentar dan memilih dari daftar akun yang disarankan atau mencarinya secara manual.

Baca Juga

Kabar tentang fitur moderator ini, pertama kali muncul pada November lalu saat leaker Alessandro Paluzzi mengunggah tweet screenshot yang menunjukkan fitur tersebut sedang dikerjakan. Instagram mengatakan itu dapat menambahkan kemampuan untuk membantu pengguna menjaga siaran mereka tetap aman untuk penonton.

Perusahaan induk Instagram Meta memiliki sejarah panjang dengan memoderasi jejaring sosialnya dan telah berjuang dengan mengawasi konten ekstrem selama pandemi di Facebook. Meski begitu, apa yang diizinkannya telah ditentang karena penelitian menghubungkan penggunaan Instagram oleh anak muda bersama dengan platform media sosial saingan TikTok dengan citra tubuh dan gangguan makan.

Dilansir CNet, Sabtu (12/3/2022), perusahaan perlahan-lahan menambahkan lebih banyak alat untuk administrator grup untuk memoderasi komentar sendiri pada bulan Juni, meskipun laporan di akhir tahun mengatakan konten yang merugikan diri sendiri mudah ditemukan. Sementara itu, intimidasi dan pelecehan masih lazim ditemukan di platform media sosial Meta.

Namun, menambahkan moderator saat siaran langsung, terutama akun tepercaya yang dapat membersihkan obrolan dan menghapus pemirsa secara agresif sesuai kebutuhan akan memberikan alat pembuat konten untuk menjaga ruang mereka sendiri lebih aman dari sebelumnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement