Jumat 11 Mar 2022 03:08 WIB

Berapa Usia Tata Surya Kita? Begini Cara Ilmuwan Menghitungnya

Ilmuwan menggunakan meteorit untuk menghitung perkiraan usia Tata Surya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para ilmuwan telah menyebut perkiraan tentang usia alam semesta, yaitu 13,8 miliar tahun. Angka tersebut ditentukan dengan mempelajari usia benda-benda di alam semesta dan seberapa cepat dapat berkembang.

Para ilmuwan tahu ketika alam semesta muncul, tidak semua yang ada di dalamnya muncul secara spontan. Pembentukan lebih dari 100 juta galaksi membutuhkan waktu tambahan, seperti jumlah tata surya yang tak terhitung di dalam galaksi-galaksi tersebut. Begitu pula butuh waktu untuk membantuk Tata Surya yang kita huni ini.

Baca Juga

Penciptaan tata surya

Kapan tata surya terbentuk? Para astronom dan fisikawan yang telah mempelajari tata surya jauh lebih muda. Ilmuwan menentukan Tata Surya terbentuk ketika konsentrasi debu dan gas yang sangat besar berkumpul untuk menghasilkan bintang. Diyakini bahwa matahari adalah hasil dari proses yang sama.

Gas-gas mulai menggumpal dengan cepat dan tumbuh lebih padat. Akhirnya, awan gas ini menjadi sangat padat sehingga bagian tubuh yang tumbuh ini runtuh dengan sendirinya. Ketika tekanan di dalam mencapai jumlah tertentu, fusi terjadi dan hidrogen diubah menjadi helium. Hal ini menyebabkan angin kencang yang mengeluarkan material sisa dari tubuh.

Dari sini, bintang muda tercipta. Materi yang tersisa dari bintang ini dibiarkan terkompresi menjadi piringan yang berputar mengelilingi matahari yang baru terbentuk.

Segala sesuatu yang ada di tata surya diciptakan dari cakram ini. Planet-planet, bulan-bulan, dan asteroid-asteroid semuanya berakar pada piringan bahan bintang sisa yang pada akhirnya akan mengumpul dalam kelompok dan memisahkan diri sambil tetap mempertahankan orbit mengelilingi matahari tempat asalnya.

Solar Center di Stanford mengatakan karena matahari muncul pada saat yang sama dengan piringan yang pernah berputar mengelilinginya, manusia dapat menentukan usia tata surya hanya dengan mempelajari materi inti yang pernah berada di dalam piringan itu. Materi apa yang mereka pelajari untuk mengukur berapa umur bagian alam semesta kita? Meteorit.

Matahari berumur 4,6 miliar tahun

Dikutip Slashgear, Senin (7/3/2022), meteorit dianalisis untuk menentukan peluruhan radioaktif dari dua elemen, yaitu kalium dan uranium. Dengan menggunakan pengetahuan bahwa semua material akan meluruh secara radioaktif menjadi satu isotop, ini hanya masalah menentukan waktu paruh material dalam meteorit tersebut.

Universe Today membahas bagaimana bahan-bahan ini dapat memiliki waktu paruh 700 juta hingga 100 miliar tahun. Mereka menggunakan penanggalan radiometrik untuk menentukan kapan terakhir kali batu yang dianalisis dilebur atau cukup terganggu untuk menghomogenkan kembali unsur-unsur radioaktifnya.

Dengan menggunakan teknik ini, meteorit yang diteliti berusia 4,6 miliar tahun. Batuan di bumi yang dipelajari dengan cara yang sama ternyata hanya berumur 4,3 miliar tahun. Karena meteorit ini terbentuk dari piringan yang diciptakan pada waktu yang sama dengan matahari, mereka akan memiliki usia yang sama dan menempatkan usia tata surya sekitar 4,6 miliar tahun dan terus bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement